Mukhayam Akhir Semester

» » Mukhayam Akhir Semester

Alhamdulillah, pembelajaran di semester Gasal ini akan dipungkasi. Untuk menutup kegiatan di semester ini, sudah menjadi tradisi yaitu diadakannya  kegiatan perkemahan atawa Mukhayam Pandu SIT.  Kegiatan yang ditujukan selain untuk melatih kemandirian dan keberanian, juga untuk memantapkan untuk selalu kerja dalam tim. Sehingga muncul tanggung jawab, ketaatan, empati, berbagi dll.

Seluruh siswa dikelompokkan sehingga di setiap kelompok terdapat siswa dari kelas 2 sampai kelas 6. Untuk kelas 1 khusus dibuat dalam satu kelompok. Setiap kelompok diberi satu paket tenda dan perlengkapannya. Juga satu pemandu dari ustadz dan ustadzah.

Acara dimulai dengan mendirikan tenda. Setiap kelompok bekerjasama agar tendanya mampu berdiri kokoh. Karena kalo tidak, siap-siap malamnya bakal sibuk mengusir rasa dingin. Belum lagi kalo hujan. Dengan segala daya dan upaya tenda diikat kuat. Pathok-pathok besi tertanam menghunjam ke tanah. Cara mendirikannya juga pake gaya macem-macem. Ada yang mulai dari buat kerangka pake tali. Sehingga tali bermeter-meter habis terikat. Tapi ada juga yang talinya minimalis. Tenda langsung diikat dengan kayu, ujungnya langsung dikunci pake pathok.

Untuk siswa kelas 1 tendanya khusus. Karena baru pertama kali mengikuti perkemahan. Satu tenda untuk satu kelas berisi 24 siswa. Justru kelihatannya lebih asyik.

Tu kan kliatan asyik n luas. Sebenarnya ini tenda khusus bencana. Makanya dalemnya kerasa nyaman banget. Yach, moga-moga pada nggak ngompol.

Sehabis sholat maghrib berjama'ah, sluruh siswa melakukan dzikir ma'tsurat bareng di dalam tenda. Untuk kelas 1 karena belum diwajibkan dzikir ma'tsurat, sementara mengulang hafalan juz 30 dulu.

Setelah sholat 'Isya berjama'ah, saatnya dinner. Makan malam. Wah terasa nikmat sekali apalagi makan bareng. Acara setelah makan adalah Kreasi SDIT Alam Nurul Islam. Di sini ditampilkan kreasi spontanitas siswa dan ustadz. Selain itu sudah menjadi tradisi, jika ada acara bermalam pasti ada acara nonton bareng film. Tapi film ini beda. Buatan sendiri. Dan aktornya pun seluruh masyarakat SDIT Alam. Meski sebenarnya berupa video dokumentasi, tapi dikemas jadi film. Jadi pada semangat deh liatnya.

acara wajib sebelum tidur, makan jagung. Untuk kali ini jagungnya selain dibakar juga ada yang direbus. Tapi, emang peminat jagung bakar lebih banyak. Meski suka mbakarnya aja, gak suka makannya.

Setelah aktivitas ruhiyah dengan sholat Tahajud, sholat Shubuh dan dzikir Ma'tsurat, disusul dengan aktivitas fisik. Gotong royong mencari batu kali. Untuk membuat tanggul terasering barat kelas 4 B dan C. Diteruskan dengan kegiatan tanam pohon buah mengelilingi SDIT Alam Nurul Islam.



Selain untuk mengokohkan struktur tanah dari longsor, juga kelak saat panen anak-anak dengan puas bisa merasakan nikmatnya berbagai macem buah-buahan. Sehingga di SDIT Alam anak-anak semakin suka. Tentu dengan syarat pemeliharaannya juga harus rutin dilakukan.

Alhamdulillah, di penghujung semester ini ada pengalaman baru. Sekaligus menanam harap kedepan SDIT Alamku makin indah dan nyaman untuk menambang pengalaman pembelajaran.

Share

You may also like

Tidak ada komentar