Di semester Genap ini, pelaksanaan Outbound memakai wajah barunya. Sudah tentu, baru dengan bentuk yang lebih baik. Karena sudah beberapa kali pelaksanaan outbound mengalami perubahan. Pada awalnya, outbound dilaksanakan sepekan sekali, saat itu jumlah kelas belum banyak seperti sekarang. Seiring bertambahnya kelas, pelaksanaan outbound masih tetap sepekan sekali dengan adanya pelajaran Outdoor Activity. Kemudian, berubah, sepekan sekali dengan jatah waktu tiap kelas 2 jam pelajaran. Dan sekarang penyempurnaannya, meski pelaksanaannya 2 pekan sekali tapi outbound dilaksanakan utuh. Mulai dari streching atau peregangan otot, Fun Games, Low Impact dan High Impact Game.

Kegiatan peregangan otot dilakukan untuk melemaskan otot agar selama aktivitas nanti tidak terkilir dan ketarik ototnya. Peregangan dilakukan merata, mulai dari kepala hingga ujung kaki. Setelah peregangan otot, dilanjutkan dengan Fun Game. Untuk fun game kali ini yang dimainkan adalah permainan "Boss Berkata". Instruktur berperan sebagai Boss, dia akan memberikan perintah, sedangkan siswa putra sebagai "Tuan-tuan" dan siswa putri sebagai "Nona-nona" . Jika Bos memberikan perintah dengan didahului kata-kata "Bos berkata" maka semua Tuan dan Nona harus menuruti perintah Bos. Jika perintah tanpa didahului kata-kata "Bos berkata" maka Tuan dan Nona tidak boleh menuruti perintah. Jika ada yang melanggar aturan ini ada hukumannya, yaitu dicoret mukanya untuk menandai berapa banyak kesalahan yang dilakukan.Meski terkesan main-main, namun banyak pelajaran dalem yang bisa diungkap. Permainan Boss Berkata mengasah ketaatan kepada pemimpin sekaligus melatih knsentrasi. Terbukti, siswa yang konsentrasinya kurang banyak coretan yang dipanen. Kejujuran siswa juga dibuktikan, bagi yang tidak jujur akan terlihat jelas. Baik oleh instruktur maupun teman peserta lain. Di akhir permainan, ust. Irman sebagai instruktur memanggil peserta yang bersih tanpa coretan. Ternyata dari 64 siswa hanya ada 2 peserta. Satu putra dan satu putri. Lalu ust Irman memberikan pujian kepada kedua anak tersebut. Kemudian ust Irman memberikan perintah tanpa didahului kata Bos Berkata kepada kedua anak itu. Ternyata salah seorang dari mereka mundur. semua peserta kemudian bersorak "Nah, akhirnya dicoret juga". Pelajarannya, ternyata pujian bisa membuat orang lupa atas keistiqomahan yang sudah diperbuat. Pantes saja dulu Rasulullah SAW mau melempar pasir kepada orang yang terlalu memuji-mujinya.

Setelah Fun Games, dilanjutkan Permainan Low Impact dan High Impact. Ada 3 pos. Rapling, Blind Lead dan Bukit Pasir.

Di akhir outbound diadakan kegiatan debriefing, yaitu pemaknaan semua kegiatan yang dilakukan secara interaktif. Kesan apa yang muncul dan bahasan sifat-sifat asli yang nampak saat mereka outbound

4 komentar:

Luqman Ar-Raahman Al-Shaleh mengatakan... 29 Januari 2011 10.49

Assalamu’alaikum…
Sangat bermanfaat wacanan anda…
Silahkan kunjungi blog saya
http://abdurrahmanshaleh.wordpress.com/
kasih komentar dan saran ya…
Terimakasih…
Wassalamu’alaikum

Brant Madrueno mengatakan... 15 Februari 2011 03.07

This post seems to get a great deal of visitors. How do you promote it? It offers a nice unique twist on things. I guess having something useful or substantial to post about is the most important thing.

Clay Tenney mengatakan... 16 Februari 2011 05.44

major league post you've possess

World of Warcraft Guides mengatakan... 19 Februari 2011 14.55

I love when you talk about this type of stuff in your blog. Perhaps could you continue this?

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top