Outing : Desa Wisata Tanjung dan Pasar Ngasem

» » Outing : Desa Wisata Tanjung dan Pasar Ngasem

Mengakhiri tema Makhluk Hidup, kelas 2 mengadakan outing ke beberapa obyek menarik. Fokus yang dibahas anak-anak kelas 2 adalah tentang pertumbuhan makhluk hidup. Sebagai obyek pengamatan, dipilihlah tanaman padi. Tanaman yang paling sering dijumpai di sekitar kita. Sehingga mudah untuk dipelajari. Nah, untuk mengetahui lebih dekat cara menanam padi, anak-anak kelas 2 berkunjung ke desa wisata Tanjung. Terletak di wilayah kecamatan Pakem.

15539_1137459002877_1419447047_30339680_3608307_nTernyata desa Tanjung memang sengaja nyediakan wisata tanam padi. Anak-anak diajak langsung menuju ke sawah. Di sana tlah menunggu pak Tani dan sapi serta bajaknya. Acara yang dinanti tiba. Membajak sawah.

15539_1137459122880_1419447047_30339682_2673869_nYang belum mau nyebur, liat dulu dari pematang sawah. Masih takut belepotan lumpur. Apalagi Sapinya kalo BAB pasti sembarangan. Bercampur deh dengan lumpur. Ah, jadi jijik. Tapi, kok pingin nyebur ya . . . . gimana nih.

15539_1137461202932_1419447047_30339688_114346_n

Hah, ternyata boleh to naik ke bajak. Wah kalo gitu ya udah ngikut aja deh. Lupain tu jijik. Yang penting bisa ngrasakan naik bajak. Ciihuii.

15539_1137465123030_1419447047_30339692_4910920_nHah, siapa tuh yang pake celana jeans. Oo . . ternyata ust. Lubis. Aktingya emang TOP BGT. Jadi Petani yang gaul. Eh, ternyata sebelum ditanami padi, sawah tu dibajak dulu. Gunanya biar untuk membalik tanah bagian bawah ke bagian atas. Sehingga kesuburan tanah jadi banyak lagi. Biar mudah dibajak, tanah sawah dipenuhi dengan air.

15539_1137474883274_1419447047_30339709_597414_nSetelah puas di desa Tanjung, perjalanan berlanjut ke pasar Ngasem Jogja. Tempat yang terkenal dengan berbagai binatang yang dijual. Seperti kebun binatang, tapi hewan yang dijual kebanyakan hewan piaraan. Anak-anak paling tertarik di tempat yang jual ikan hias. Semua anak bergerombol ingin membeli ikan favoritnya.

15539_1137475003277_1419447047_30339712_3294412_nSaking pada bingung mana ikan yang mo dipilih akhirnya berlama-lama deh. Tuh liat ust. Lubis udah berseru untuk segera mengakhiri petualangan di Ngasem.  Alhamdulillah outing kali ini sangat berkesan. Belajar tentang padi di desa Tanjung dan beraneka satwa di pasar Ngasem.

Share

You may also like

1 komentar

mahmudah mengatakan...

Sangat bagus pembelajaran dengan learning by doing, efektif dan kreatif. Saya sangat tertarik dengan pola pendidikan yang diterapkan dan berharap anak saya bisa bergabung di sekolah ini setelah kenaikan kelas nanti. Apakah masih ada tempat untuk kelas 3 untuk TA 2010/2011? Anak saya saat ini duduk di kelas 2 SD di Kodya Yogya tetapi karena lokasinya cukup jauh dari rumah dan sistemnya kurang mengena untuk anak saya, apakah ada ustaz/ustazah yang bisa membantu saya dan bagaimana cara mendapatkan informasi lebih lanjut? Terima kasih atas informasinya.