Asyiknya Perkalian dengan ” Kartu Pendekar Jagoan Muslim”

» » » Asyiknya Perkalian dengan ” Kartu Pendekar Jagoan Muslim”


Penulis : Widaryati, S. Pd

Tahun ini saya masih mengajar di kelas 4, dimana kelas 4 merupakan transisi dari kelas bawah menuju kelas atas. Awal masuk pasti ada MOS selama satu pekan. Untuk melihat sejauh mana kemampuan Calistung anak maka kami sebagai tim kelas 4 mengadakan penjajakan kemampuan Calistung mereka. Dari hasil penjajakan terutama kemampuan berhitung, sebagian besar masih belum lancar perkalian dasar. Padahal jika anak sudah mulai kelas 4 idealnya perkalian dasar sudah lancar dan idealnya juga 100 % persen lancar perkalian dasar. Namun masih ditemukan sebagian besar yang belum lancar. Salah satu cara yang dilakukan biasanya ada sarapan perkalian sekitar 5-10 menit. Hanya kendalanya jika terus menerus monoton tanpa ada variasi pasti akan jenuh atau bosan. Apalagi anak-anak di kelas 4 yang masih suka bermain akan cenderung bosan. Ada siswa sebut saja namanya  ZJR, kurang bersemangat dalam kegiatan hitung dasar perkalian. Dia terlihat lebih senang bermain. Kalau sudah bermain semangatnya luar biasa apalagi bermain kartu UNO.
Dari hal tersebut munculah ide bersama dengan teman atau patner di kelas untuk membuat Kartu perkalian dasar yang mirip Kartu  UNO. Desainnya sederhana dengan gambar kartun sahabat Nabi, bagian depan di tulis soal perkalian misalnya : 6 x 8 warna hijau pinggirnya dan kartu yang satunya berisi jawaban misalnya : 48 dengan warna pinggirnya hijau. Bagian belakang di isi tulisan penggalan kisah sahabat. Jika anak-anak bermain kartu mereka dapat 3 manfaat sekaligus yaitu : hafal perkalian dasar, tahu kisah sahabat dan Fun atau Happy. Cara bermainnya berkelompok, bisa tiga orang atau lebih. Cara mainnya bisa bervariasi agar anak tidak mudah bosan dengan hanya satu cara mainnya. Sebagai contoh misalnya ada 3-4 pemain. guru bertindak sebagai pusat mengeluarkan kartu yang berisi soal atau di sebut Captain Card dan semua pemain di beri kartu yang berisi jawaban. Ketika captain card membuka satu kartu dengan soal tertentu, salah satu pemain ada atau punya jawaban sesuai soal maka dapat poin atau bintang.Permainan dilanjut sampai kartu soal habis. Semakin banyak kartu yang sesuai maka semakin banyak poin atau bintangnya.
Permainan kartu tersebut menarik bagi semua anak, tanpa di sadari mereka saling belajar dan transfer ilmu matemaika perkalian dasar. Semakin sering dimainkan maka semakin tahu dan lebih ingat hasil perkaliannya. Maka tanpa disadari mereka bisa meningkat perkaliannya. Siswa ZJR juga tertarikmemainkan kartu tersebut bahkan sudah melupakan kartu UNO terbuki dia jarang sekali main kartu UNO. Dia dan teman-teman menghabiskan waktu istirahat dengan bermain kartu. Sambil menunggu jemputan juga bermain kartu bersama teman-teman yang menunggu jemputan. Terlihat beberapa bulan terakhir sudah ada peningkatan. Ketika di awa lpenjajakan  dari 10 soal  perkalian hanya 3 yang betul dan saat sarapan perkalian dasar hanya bisa mengerjakan 20 soal darijumlah 50 soal karena kekurangan waktu. Maka dengan bermain kartu mulai terlihat peningkatan saat sarapan perkalian bisa mengerjakan sebanyak 35 soal dan mulai bisa dikerjakan semua dengan salah sekitar 8 nomor.


Gambar Kartu Pedar  jagoan muslim


Share

You may also like

Tidak ada komentar