Eksplorasi dari Puncak Kayangan

» » » Eksplorasi dari Puncak Kayangan

Mengakhiri tema pembelajaran Kenampakan Alam, siswa kelas 3 melaksanakan outing. Obyek yang dipilih adalah puncak Kayangan atau sekarang dikenal dengan puncak Paralayang Watu Gupit. Melihat lokasinya yang berada tepat di atas pantai Prangtritits, semula dikira masuk wilayah kabupaten Bantul. Eh, ternyata sudah melewati batas Bantul dan masuk wilayah Gunung Kidul. Dengan ketinggian 150 mdpl berada di timur pantai Parangtritis.
Seluruh siswa menuju puncak Kayangan harus tracking dahulu dikarenakan jalan yang terjal sekali sehingga trnsport tidk bisa langsung ke lokasi. Sepanjang perjalanan yang dilalui dijumpai kiri kanan merupakan hutan. Semakin naik, pemandangan laut makin menampakkan wajah pantainya.
Kurang lebih 30 menit tracking, sampailah di tempat pendopo sebelum naik ke puncak Kayangan. Seluruh siswa istirahat menikmati air minum dan snack sembari melepas lelah dri tracking dengan jalur yang menanjak.
Sebelum naik ke puncak, siswa diberi penjelasan dahulu terkait dengan informasi lokasi serta teknis mendaki ke puncak. Di sebabkan kondisi puncak yang tidak datar tapi miring yang dipenuhi bebatuan. Sengaja dibuat miring supaya mudah untuk tolakan para penerbang paralayang maupun gantole. Selain itu ternyata ank-nak baru tahu, meskipun wilayah puncak Kayangan yang dekat dengan pantai Parangtritis, namun secara kewilayahan sudah masuk kabupaten Gunung Kidul.
 Untuk mendaki, setiap anak menyusuri anak tangga berkelok. Semakin ke atas pemandangan yang terlihat semakin indah. Pantai dan lautan semakin terlihat jelas.
 Pantai yang memanjang dari Parangtritis ke barat hingga terlihat paling jauh perbatasan dengan Kulonprogo terlihat jelas. Muara sungai Opak yang menuju laut samudra Indonesia juga terlihat. Hampir kenampakan alam mulai dataran tinggi berupa bukit hingga lautn nampak jelas sekali.
Selain kenampakan alam di bawah, bisa juga disaksikan kenampakan alam di atas, yaitu berupa awan. Nampak jelas sekali jenis awan stratus, comulonimbus dan sirus menghiasi langit yang cerah. Kiranya Kelelahan tracking terobati dengan pemandangan indah dari puncak Kayangan serta mendapatkan banyak informasi dari eksplorsi bersama langsung di alam ini. 

Share

You may also like

Tidak ada komentar