Lawatan ke Sekolah Alam Arridho

» » Lawatan ke Sekolah Alam Arridho

sekolah alam
Hari Selasa, 6 Oktober 2007, kami mengadakan silaturrahiim ke Sekolah Alam Arridho Semarang. Arridho sebenarnya salah satu inspirasi berdirinya SDIT Alam Nurul Islam. Selain melihat perkembangan yang terjadi, rombongan juga dalam rangka berta'ziah atas musibah yang dialami saudara-saudara di sekolah alam Arridho. Beberapa ruangan sekolah terbakar di pertengahan Ramadhan kemarin. Rombongan di terima oleh Bu Mia, istrinya Ust. Nurul. Kebetulan Ust. Nurul baru ke Kudus, salah satu ipar beliau meninggal. Pertama, kami melihat-lihat kondisi fisik Arridho, terutama yang terbakar. Di dekat area yang terbakar sudah dibangun lokal yang baru.

sekolah alam
Setelah melihat-lihat areal sekolah alam Arridho, kita, kami dan ustadz-ustadzah Sekolah Alam Arridho mengadakan diskusi terkait dengan keberadaansekolah alam dan konsepnya. Tantangan yang cukup membuat berpikir keras adalah bagaimana menghadapi konsep Ujian Nasional. Di satu sisi sekolah alam akan menghadirkan sebuah pendidikan yang akan mengakomodasi kemampuan dan bakat anak, di sisi lain Depdiknas menginginkan bahwa keberhasilan pendidikan diparameteri dengan UN. Diskusi makin seru manakala membahas bagaimana bentuk ideal penerapan konsep Multiple Intelegence untuk pendidikan dasar. Sungguh, silaturrahiim tersebut cukup membuat satu gambaran baru, minimal semangat dan motiasi untuk selalu menghadirkan sebuah bentuk pendidikan yang ideal kepada anak tanpa dicampuri oleh urusan-urusan formal administratif.

Share

You may also like

5 komentar

doni dan joko mengatakan...

bpk dan ibu guru sdit alam,
terima kasih banyak atas kunjungannya ya...juga bantuan untuk kebakarannya.
kami sekeluarga besar sekolah alam ar-ridho sangat terharu, bpk dan ibu guru jauh-jauh datang dari jogja untuk menyambangi sekolah alam di semarang.

semoga Allah membalasnya dengan yang lebih baik, dan silahturahim ini terjalain abadi senantiasa.

pak doni dan pak joko.
-teachers of yunior high sekolah alam ar-ridho semarang-
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kami juga terharu juga nih jadinya. Sebenarnya, banyak hal berharga ~mungkin sangat tidak sebanding jika dinilai dengan rupiah~ sehingga kami bersama menjadi terbuka dan termotivasi untuk menghadirkan sebuah pendidikan yang benar-benar akan menjadikan anak-anak yang telah dicipta Allah menjadi manusia itu MANUSIA sebenarnya. Bukan robot. Bukan alat rekam (wadauw, maaf kalo terlalu kasar).
Hanya silaturrahiimlah yang membuat panjang umur kita. Umur cita-cita dan obsesi kita. Sekali lagi Jazaakumullah khairan katsiraa.

Akbar(SabiL) mengatakan...

Asslmu'alaikum ya akhi...


apakabar? baik2 aja kah? disini saya baek2 aja


gimana sekolah? tambah apa?

ustad udin baek2 aj kan? ust jamal gimana?



ya semoga tambah baek aja


wassalmu'alaiku

asti mengatakan...

wah senang banget ketemu lagi dengan orang2 yang peduli akan pendidikan anak. kenalkan mana saya asti. sekarang lg kuliah S2 di MB ipn.saya sangat tertarik dengan pendidikan terutama dengan pendidikan alternatif seperti itu, bahkan saya berniat untuk mendirikan itu. cita2 saya yang lain yang berkaitan dengan sekolah alam, yaitu membuat kredit khusus bagi sekolah2 seperti itu, agar bisa lebih berkembang. karena saya menilai, pendiri sekolah alam tersebut bisa juga disamakan dengan pengusaha yang menerima kredit sekarang. apalagi mereka lebih bernilai karena mengeluarkan murid2 yang nntnya bisa memajukan bangsa.
saya boleh ga curhat2 tentang sekolah alam atau meminta informasi tentang sekolah alam. jika pemilik blog ini bersedia, silahkan hubungi saya di email saya. pencil_23ku@yahoo.com. terimakasih

fernysya alfitria mengatakan...

hhhhhhhhhhhhuuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhh..........................................................
cuma ada di depok coba ada di lampung pasti aku mau ikutan

Ijanus Raga mengatakan...

Non secholae Sed Vitae Discimus. Belajar tidak sekedar untuk sekolah tetapi untuk hidup di hari depan. Wow keren Sekolah Alam sungguh sungguh mempersiapkan anak menghadapi sesuatu lingkungan yang alami dan kelak mereka akan bereksplorasi dengan alam unetuk lebih mensejahterakan hidup mereka dengan alam semesta