Random Post

Alhamdulillah Tuntas. Tinggal Menunggu Hasil . . .

2013 menjadi kali kedua SDIT Alam Nurul Islam menjalani proses Akreditasi. Setelah mendapatkan perpanjangan selama setahun dari Akreditasi pertama di tahun 2007 dengan nilai A. Barangkali perasaan was-was dan gambaran setumpuk dokumen serta sarana dan prasarana yang harus diwujudkan tampak menghantui manakala 'makhluk' Akreditasi hadir. Padahal status sekolah yang terakreditasi sebenarnya tidak semata sebagai penentu bisa tidaknya untuk menyelenggarakan Ujian Nasional. Tapi, akreditasi menjadi cermin untuk melihat sehatnya pengelolaan sekolah dalam 8 standar pendidikan  nasional. Yaitu standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidik, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian.

20131029_082954Status akreditasi berlaku untuk 5 tahun. Artinya proses pendidikan di sebuah sekolah selama 5 tahun itu akan dilihat bukti dokumen pelaksanaannya melalui 8 standarpendidikan nasional. Sederhananya, tertib dokumen dan administrasi menjadi bagian yang dominan mendukung suksesnya akreditasi. Sehingga, sebenarnya tidak harus persiapan besar-besaran untuk diakreditaamsi, karena kegiatan itu sudah merupakan rutinitas pelaksanaan kegiatan dan program. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kontrol, evaluasi, tindaklanjut hingga laporan ketercapaian hasil. Semua 8 standar dituangkan dokumennya dalam proses yang tersebut.

20131030_122516Akreditasi diawali dengan proses penilaian diri. Sekolah menilai sendiri melalui 157 instrumen yang merupakan detail dari 8 standar pendidikan. Setelah itu, petugas asessor yang ditunjuk Badan Akreditasi Nasional hadir untuk mencocokkan penilaian dari sekolah dengan kondisi realita yang ada. Selama 2 hari. Alhamdulillah, dari visitasi yang dilakukan asessor meski ada yang menurun namun lebih banyak yang dipotret dan dinilai lebih baik dari asessor. Semoga kita tunggu hasilnya di bulan Desember 2013, SDIT Alam Nurul Islam tetep bisa mempertahankan nilai akreditasinya di posisi A. Amiin.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: