Random Post

Milad SDIT Alam Ke-13 : Jalan Sehat, Nuris Expo dan Launching Taman Sains

Dear SDITAlamania, hari Ahad, 29 Maret 2015 adalah momen perdana peringatan Milad SDIT Alam Nurul Islam yang tahun ini sudah menginjak usia yang ke-13. Meski bukan inti pada keharusan untuk merayakan, namun yang paling penting momen tersebut bisa menjadi saat yang bisa dimanfaatkan untuk dilakukan kegiatan yang bermanfaat bagi semua. Siswa, guru, orang tua/wali dan para mitra. Jadilah satu kegiatan gathering atawa kumpul bersama. Diawali dengan jalan sehat yang disertai pembagian doorprize, Nuris Expo dan Launching Taman Sains.
 Jam 7 tepat para peserta jalan sehat yang terdiri dari siswa, guru dan orang tua/wali dilepas oleh kepala sekolah ust. Ariefuddin. Barisan jalan sehat menyusuri jalan ke arah barat menuju dusun Beji. Kemudian memutar ke selatan melewati perumahan Gumuk Asri dan balik kembali ke SDIT Alam. Di tengah perjalanan tak lupa panitia membagikan nomor doorprize yang akan diundi sewaktu finish nanti. Para peserta tidak dipungut biaya, sedangkan doorprize diperoleh dari para sponsor dan donatur baik dari orang tua/wali maupun mitra.
Di finish sudah menyambut duo MC ust. Yunarko dan ust. Abdullah Imaduddin alias ust. Gusdul. Para peserta jalan sehat dipersilahkan untuk menikmati belanja di stan-stan Nuris Expo yang tersebar di sisi barat dan utara panggung, serta di bagian timur. Panitia tidak memperkenankan kendaraan baik mobil maupun motor untuk parkir di SDIT Alam, sehingga lapangan parkir tampak lengang bisa dipakai untuk kumpul bersama antar keluarga.
 Keberadaan Taman Sains ini sebagai media pembelajaran dan bermain siswa. SDIT Alam Nurul Islam mempunyai 3 karakter yang akan dibentuk dalam setiap diri siswa. Sholih, Ilmuwan dan Pemimpin. Disingkat SIP. Nah, kalo selama ini SDIT Alam sudah mempunyai masjid megah, program BTAQ, Tahfidh, mabit untuk menginspirasi dan membentuk karakter Sholih. Tak ketinggalan SDIT Alam juga mempunyai instalasi outbound yang keren, program mukhayyam, berkebun, beternak dan berjualan yang ditujukan untuk menginspirasi dan membentuk karakter Pemimpin. Kini, giliran instalasi-instalasi yang akan menginspirasi dan membentuk karakter Ilmuwan yang akan dipasang di seluruh area SDIT Alam. Sehingga anak akan terinspirasi dan timbul passion atau panggilan jiwa untuk muncul karakter ilmuwan di diri mereka. Demikian laporan kepala sekolah ust. Ariefuddin mengawali prosesi Launching Taman Sains.
 

Tidak ketinggalan, Ketua Yayasan Nurul Islam, Pak Edi Tri Cahyono, MM menyampaikan perkembangan lembaga-lembaga pendidikan di bawah Yayasan Nurul Islam. Alhamdulillah hingga saat ini Nurul Islam sudah mempunyai lembaga pendidikan dari jenjang PAUD hingga SMP. Sudah menjadi tekad yayasan bahwa dalam proses perjalanannya meski mempunyai visi dan misi sendiri akan berjalan memenuhi standar regulasi yang berlaku. Sehingga yayasan sebagai lembaga bisa menjadi mitra pemerintah dalam memajukan pendidikan di negeri ini.
Kepala Bidang Kurikulum dan Kesiswaan Dikpora Sleman, Bapak Drs. Eri Widaryana, MM. selaku yang mewakili Kepala Dinas Dikpora Sleman menyampaikan apresiasi tinggi kepada SDIT Alam Nurul Islam dengan adanya program Taman Sains ini. Dengan media Taman Sains ini akan memberikan fasilitas kepada siswa supaya belajar sains pada obyeknya secara langsung. Apresiasi tinggi juga disampaikan kepada yayasan Nurul Islam yang telah ikut berperan serta memajukan pendidikan dengan berhasilnya membuat lembaga dari PAUD hingga tingkat SMP. "Kapan SMA akan dibuat?" begitu tantang Pak Eri kepada yayasan. Karena dengan jenjang pendidikan dari PAUD hingga ke level pendidikan tinggi di bawah satu yayasan akan memungkinkan proses pendidikan yang berkesinambungan.
Dalam hal ini pemerintah memberikan kesempatan luas bagi lembaga pendidikan swasta untuk ikut berperan serta memajukan pendidikan. Dengan catatan, standar pendidikan nasional harus dipenuhi untuk ketertiban proses.
Launching ditandai dengan peluncuran roket air Taman Sains SDIT Alam Nurul Islam. Semoga dengan cita-cita, inspirasi dan panggilan jiwa mereka mampu setinggi mungkin dan menjadi manusia yang beguna bagi kehidupan.
Sambil terus menunggu pengundian kupon doorprize, para peserta mengunjungi stand-stand. Komoditas yang laku keras adalah produk minuman dan makanan. Selain menyediakan stand di Nuris Expo, panitia juga membuat buku Katalog yang berisi daftar perusahaan yang berasal baik dari orang tua, guru maupun mitra dengan berbagai jenis latar belakang usaha.
 Selain stand produk jualan, stand Taman Sains menampilkan peralatan baru yang akan segera dipergunakan. Diantaranya pojok E-Kiosk yang berisi multimedia pembelajaran serta game berbasis komputer. Siswa tinggal sentuh saja dalam mengoperasikan E-Kisok ini. Juga ada Teropong Bintang jenis Sky-Watcher berdiameter 90mm. Teropong ini dilengkapi dengan digital eyepice sehingga bisa dioperasikan melalui koneksi usb ke komputer dan bisa disaksikan bersama-sama.
Stand yang tak ketinggalan seru adalah Pojok Edukasi Reptil. Di sini ditampilkan bermacam reptil, ada ular Phyton, kura-kura, Iguana. Mereka dari komunitas reptil mengenalkan hobi reptil kepada anak-anak. Alhamdulillah, Momen peringatan Milad ke-13 ini sukses terselenggara, semoga SDIT Alam semakin komit dengan visi dan misi pendidikannya. Amiin
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment