Resume KulWap : Pendidikan Berbasis Bakat (SMX Salam Bogor)

» » Resume KulWap : Pendidikan Berbasis Bakat (SMX Salam Bogor)


Mengapa topik tentang Pendidikan Berbasis Bakat ini kita ambil ? Ini masih selaras dengan tujuan Pendidikan Berbasis Fitrah. Yaitu muara supaya saat anak-anak kita saat mencapai baligh bareng dengan aqilnya. Salah satu komponen untuk menuju aqil baligh adalah variabel bakat. SMX dan ABhome kita pilih sebagai model pendidikan karena sebagai hasil eksperimen penerapan Talents Mapping dalam pendidikan. Kalo kita amati dari 2 model itu akan kita temui 3 program : MAGANG, BACKPACKER dan PROJECT. Yang itu sulit sekali kita dapat di sekolah formal. Padahal 3 program itu yang dilakukan Rasulullah SAW saat menginjak usia 12 tahun

SMX merupakan sekolah lanjutan setingkat SMA. SMX merupakan sekolah non-formal (PKBM) yang menyelenggarakan pendidikan mendampingi setiap siswa membuat karya 'gue banget' dan tentunya bermanfaat bagi orang lain. "gue banget" nya disini mengandung pengertian kepada talents / potensi kekuatan setiap anak. Karya yang dimaksud adalah stimulus dari pembelajaran terstruktur dimana pendekatannya adalah menyiapkan anak-anak muda berbakat menjadi wirausahawan hijau (ecopreneurs) yang tangguh.

Bismillah, Assalamualaykum, Pak Okwan, Ustadz Arif
Saya Ewing, orang tua Odiy 3 Bintang

Terkait SMX, saya terpaku pada keyword #ecopreneur #wirausahawan hijau. Kenapa sebagai sebuah sekolah alternatif--yang mewadahi talents anak-anak yang tidak berskolah formal--menjadikan keyword itu sebagai alur utamanya. Apakah tidak memungkinkan terwadahinya anak-anak dengan passion sains-tek, atau interes pada religi, sosial-kemasyarakatan? Jazakumullah khayr...

Baik. betul, SMX hadir dari keresahan melihat anak-anak muda yang gak cocok dengan model sekolah mainstream (atau kami menyebutnya, anak-anak yang bakat akademiknya tidak dominan).  kemudian resah dengan anak-anak muda yang tidak percaya diri karena kurang ruang ekspresi dan apresiasi, serta anak muda yang tidak mandiri karena belum terasah potensi (belum terstimulus).  Tapi tidak pula menutup kemungkinan bagi anak-anak yang dominan bakat akademik atau bidang lain. Kata kuncinya lebih kepada, kita mendampingi anak-anak untuk bisa membuat sesuatu (young makers). Proses pendampingan pada SMX sejatinya merupakan rangkaian benang merah proses pendidikan yang dilakukan di Sekolah Alam Bogor. Setiap jenjang pendidikan memiliki tema masing-masing (core). Pada jenjang Pra sekolah core-nya nurturing character (menumbuhkan pembiasaa-pembiasaan baik). Pada jenjang SD core-nya Learn in their own way (eksplorasi minat), Pada jenjang SM core-nya self discovery. Dimana anak-anak paham akan potensi kekuatan dan keterbatasan dirinya. Nah di jenjang SMX, core-nya young makers dimana proses dari talents to strengths, dari bakat menjadi kekuatan. Hijau itu identik banget dengan eco. Baik, hijau di sini dimaksudkan lebih kepada nilai-nilai yang menjadi dasar dalam menjalankan bisnisnya atau karya yang dijalani. nilai-nilai itu adalah: green, fair, and local. green disini dimaksudkan kepada sustainabel/keberlanjutan, fair terhadap lingkungan, serta mengangkat potensi lokal. Nah, saya terlewat mengenai kata X pada SMX. X disini bisa diartikan 10. yaitu kelas 10 (lanjutan dari kelas 9/SMP), X disini bisa diartikan sebagai Xpand. dimana anak-anak akan mengembangkan karya-karyanya sesuai dengan potensi unik masing-masing (young makers).

 Assalamualaikum w w. Saya Akbar, wali Nuris dari mas Agha- 4A.
Kami termasuk yang "gak sabar" menunggu sampai anak masuk usia SMA, karena perkembangan anak saat ini jauh lebih cepat terutama dari sisi biologis / balighnya. Namun kebanyakan perkembangan aqilnya terlambat. Sehingga akan menjadi permasalahan serius ke depan bagi anak ketika dia dewasa. Pertanyaan saya kenapa SMX dibuat untuk anak setingkat SMA? Apakah memungkinkan jika diterapkan pada anak setingkat SMP? Terimakasih 

Betul pak, kecendrungan anak-anak saat ini jauh lebih cepat balighnya dan tidak diikuti dengan perkembangan aqilnya. Penyebabnya lebih kepada stimulus faktor lingkungan (pertemanan maupun tontonan). Baik, berdasarkan eksperiment kami di Sekolah Alam Bogor (Salam Bogor), jawabnya tidak pak. Karena kita juga harus memperhatikan dari sisi tumbuh kembang anak. Kematangan secara fisik dan emosi.  Rentang usia 9 - 14 tahun, kebutuhan dan challenge kepada anaknya lebih kepada sesuatu yang sederhana dan menyenangkan, mudah dan menantang. Dan ini implikasinya kepada durasi. Dimana anak2 usia ini (usia SMP) endurance / konsistensi terhadap kegiatan tertentu masih rendah. cepet bosenan. Masih agak sulit menerima masukan,  sehingga kita akan kesulitan pada saat melakukan coaching terhadap project tertentu karena terkendala di kematangan berfikir tadi.

Assalamu'alaikum ww Perkenalkan,  saya Atik,  ibunya Azka (5C) dan Ilmi (4A). Membaca prolog tentang SMX,  saya tertarik dengan salah satu outcome SMX,  membangun profile siswa yang ber-mindset entrepreneur. Yang ingin saya tanyakan,  apakah mungkin profil ini ditumbuhkan sejak dini,  usia SD. Bagaimana cara yang ideal melakukannya? di Nuris memiliki program marketday,  tapi masih sebatas jual beli saja menurut saya, sedangkan entrepreneur menurut saya, lebih luas dari itu, nah mungkin p Okwan bisa memberikan gambaran. Terimakasih, Wassalamu'alaikum ww.

Sangat bisa bu, dan kebutuhannya memang seperti itu. sesuai dengan proses tumbuh kembang anak. terkadang kita selalu membranding bahwa enterpreneur adalah branding tentang sebuah ketekunan, membentuk mentalitas dan daya juang yang tinggi. Nah, untuk membentuk itu, tentu kita stimulus dari awal dari kegiatan-kegiatan yang sangat sederhana. Poin pentingnya adalah bukan menjadikan anak menjadi enterpreneur, tapi lebih kepada transfer spirit jiwa enterpreneurnya. Untuk anak-anak usia TK atau SD, salah satu media pembentukan jiwa enterpreneur itu adalah dengan market day. Dimana anak-anak akan distimulus lewat ragam kegiatan tersebut, saat market day, anak-anak akan mengalami mulai dari bagaimana menyiapkan barang jualannya, stand/lapak jualannya, mulai diajak menentukan harga. Pada fase TK-SD bahkan SMP, kita sedang membangun mentality dan mindset awalan kepada anak, tentu sesuai dengan kapasitas penerimaan anak-anak. Karena ragam kegiatan yang kita stimuls kepada anak harus memperhatikan fase tumbuh kembangnya.
  
Bagaimana kita sebagai orangtua,  bisa mengukur / mengevaluasi / mendeteksi,  apakah stimulus yang diberikan itu,  sudah berhasil menstimulasi jiwa entrepreneur si anak?  
terimakasih pak Okwan atas penjelasannya

Baik. kata kuncinya adalah menjaga antusias anak. antusias keingin tahuan, antusias untuk dilibatkan, antusias menanti apresiasi/pujian terutama dari ortu. Untuk melihat sejauh mana anak kita berkembang, maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan repetisi konten kegitanannya kepada anak. Bisa medianya/kegiaitannya yang kita repetisi (contoh, medianya adalah market day. kita lakukan hal serupa dengan menitip jualkan kue/barang kepada anak kita untuk dijualkan kepada teman-temannya di sekolah). Atau yang kita repetisi adalah kontennya (contoh; kontennya adalah melayani. maka kita repetisi, libatkan anak-anak kita untuk menyiapkan/menyajikan makan malam dimeja makan. Atau minta anak kita untuk mengantarkan makanan ke saudara atau tetangga. Nah, di situ nanti kita amati (observasi) apakah anak kita bisa dan senang melakukanya). Kata kunci yang selanjutnya adalah observasi. lakukan observasi kepada anak kita, observasi yang dimaksud adalah amati perkembangannya. Observasi hanya bisa dilakukan kalau ada interaksi. Jadi, pada saat kita melakukan repetisi kepada anak, kita juga terlibat didalamnya. Membersamai anak.

Share

You may also like

Tidak ada komentar