Riset Gerak

» » Riset Gerak

Setiap yang hidup pasti bergerak, karena salah satu ciri makhluk hidup itu adalah bergerak. Bahkan yang benda dianggap 'hidup', pasti cirinya harus bergerak. Robot, bergerak atas perintah mesin. Debu, bergerak atas sapuan angin. Dan seterusnya. Dengan keingintahuan tentang gerak, kelas III A melakukan kegiatan riset beberapa bentuk gerak. Gerak jatuh, gerak menggelinding dan gerak memantul.

sekolah alam

Setiap benda yang akan dijatuhkan ditimbang dahulu untuk didata berapa beratnya. Dari ketinggian kurang lebih 1 meter, benda dijatuhkan. Dihitung berapa kecepatan sampai menyentuh tanah. Dari hasil presentasi bersama didapatkan bahwa makin berat suatu benda, kecepatan jatuhnya semakin cepat.

sekolah alam

Untuk gerak menggelinding, dipakai bola pingpong yang digelindingkan di jalur miring. Dengan membuat variasi kemiringan kemudian dihitung kecepatannya. Didapatkan , makin besar sudut kemiringan makin cepat bola bergerak.

sekolah alam

Untuk gerak memantul, menggunakan bola pingpong yang dijatuhkan dari beberapa macam ketinggian. Ternyata didapatkan, semakin tinggi jatuhnya bola pingpong, semakin banyak pantulan yang terjadi.

Presentasi untuk mengungkap segala hal yang unik saat penelitian diadakan di akhir pembelajaran. Cerita pengalaman kemudian ditanggapi, lontaran pertanyaan dan pengembangan dengan contoh dalam kehidupan. Kesimpulan makin terang setelah seluruh pengalaman diungkapkan. Siap untuk meneliti lagi . . . .

Share

You may also like

Tidak ada komentar