Berburu Informasi

» » Berburu Informasi

Untuk mendapatkan gambaran proyek pembuatan kincir air listrik, siswa SDIT ALam melakukan perburuan informasi. Pertama mereka mengandalkan koleksi buku yang ada di perpustakaan. Seluruh buku disearching untuk mendapatkan langkah-langkah pembuatan kincir air listrik.

sekolah alam

Dengan kerja secara kelompok, setiap siswa berburu buku. Mereka harus memastikan bahwa informasi yang didapatkan harus mampu memberi kejelasan gambaran pembuatan kincir air listrik.

sekolah alam

Dirasa masih kurang, perburuan informasi diteruskan menggunakan internet. Kebetulan, sudah satu pekan ini SDIT Alam sudah mengaktifasi jaringan internetnya.

sekolah alam

Setiap anak berkesempatan merasakan kemudahan mencari informasi di dunia maya. Dunia yang baru bagi mereka. Cukup dengan mengetikkan kata kunci yang disukai, langsung muncul sederetan informasi sekaligus dilengkapi dengan gambar terkait dengan informasi yang dicari.

sekolah alam

Jika sendiri sepi, enaknya memang rame-rame. Setiap anak berlomba untuk mendapatkan informasi yang dituju dengan melatih memilih kata kunci. Pembelajaran ini menyumbang pengalaman siswa untuk terampil berburu informasi sebagai obat pemuas keingintahuan.

Share

You may also like

2 komentar

Bagas mengatakan...

internetan, harus sering di dampingi yah?

lingkunganindonesia mengatakan...

Apakah ada program 'melihat ekosistem' pantai?
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Tidak hanya Pantai, kita ada program OUTING yaitu anak didik diajak langsung mengamati obyek berupa alam. Pengamatan bekas letusan Merapi, Pengamatan gua buatan Jepang di lereng Merapi, Pengamatan batuan di sungai Krasak, Pengamatan kenampakan alam di pantai dll.