Random Post

Outbound Training Asatidz (Guru-guru)

Setelah menutup semester ini dengan pembagian rapot, agenda ustadz/ah adalah menyiapkan pembelajaran semester genap. Namun sebelum berkutat dalam kubangan diskusi dan konsep, ada agenda khusus yang telah disiapkan untuk para ustadz/ah. Yaitu sebuah training yang disetting khusus untuk membangkitkan semangat, soliditas dan kreativitas. Training Outbound 'GIAT'
Kegiatan ini dimulai Senin, 28 Desember 2009 berakhir hari Selasanya. Dengan format training 1 hari full outdoor dan 1 malam indoor. Untuk indoor diisi dengan training ESQ dari Sinergi. Untuk outboundnya siapa lagi kalo bukan masternya. Ust. Irman dan P and U nya dengan penuh semangat membersamai ustadz/ah.

Hari pertama diisi dengan Fun Games. Ada banyak permainan yang disuguhkan. Pak Trisno selaku salah satu mudarib/training menegaskan tentang bagaimana penegakan sistem. Di dalamnya masuk tentang kedisiplinan waktu, komunikasi, dan inisiatif. Pak Dhuhri memberikan insight terkait dengan guru harus berjiwa pembelajar. Sedangkan Ust. Irman menekankan pada sikap mental kejujuran dan tanggung jawab serta bagaimana jaminan proses estafet konsep antar generasi bisa mulus dengan meminimalkan miskonsepsi bahkan ahistoris.

Hari kedua saatnya High Impact. Ada 5 titik. Panjat Kingkong, Burma Bridge, Balance Net Bridge, V net Bridge dan Flying Fox. Semua peserta bestatus Wajib Tempuh, artinya semua rintangan harus dilalui. Sehingga tergantung dari peserta tiap kelompok. Jika anggotanya banyak yang 'penakut' akan banyak waktu yang dibutuhkan. Tapi sebaliknya. Jika anggota banyak yang nekat hanya butuh waktu yang pendek saja.

Di akhir outbound, seperti biasa ust. Irman mengadakan debriefing atau pemaknaan terhadap segala aktivitas outbound di hari itu. Yang muaranya dibawa pada adanya komitmen bersama untuk membentuk tim hebat guru yang pembelajar. Selalu siap melahirkan berbagai kejutan bahkan lompatan/quantum sebagai usaha untuk menyempurnakan konsep sekolah alam.

Seluruh rangkaian acara ditutup dengan suasana haru. Ust. Hamdan tak kuasa menahan air mata mengiringi sambutan penutupan. "Sungguh sebuah karunia Allah yang sangat besar, sehingga dihadirkannya ustadz-ustadzah yang hebat-hebat". "Kita makin optimis, bahwa SDIT Alam akan mengikis ketidakmungkinan untuk melakukan lompatan". Selanjutnya, para trainer dan semua peserta saling bersalaman diiringi saling peluk menambah haru suasana.

Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

ameeq mengatakan...

Habis berantem sama meong nih! perlu jarum dan benang ya Pak?

pranowo mengatakan...

kami dari team Smile, menawarkan diri untuk menjadi team trainer Outbound
- TK
- SD
- SMP
- SMA
- Perusahaan
- gathering keluarga
- dan lain-lain

coba kami dahulu setelah terbukti baru kita adakan kerjasama

kami sering melakukan outbound diberagam tempat wisata


semoga dengan hadirnya team kami dapat menambah ramai suasana

Alamat Team SMILE
Perum Mutiara Asri No B-3
Belakang kecamatan banguntapan
(0274) 6932552 / 0818260304