Random Post

Belajar Mencangkok

Belajar tumbuhan Monokotil dan Dikotil tidak cukup hanya dengan menghafal ciri-cirinya. Harus ditambah dengan melihat langsung bentuk tanamannya. Sampai fasih setiap kali liat tanaman bisa nebak dengan tepat apakah Monokotil ataukah Dikotil. Ternyata pengetahuan Monokotil dan Dikotil ternyata bermanfaat. Salah satunya bermanfaat untuk memperbanyak tanaman. Selama ini tanaman diperbanyak melalui bijinya. Untuk tanaman yang umurnya panjang jadi lama deh nunggunya untuk dapetin hasilnya. Tanaman buah misalnya. Ada satu cara untuk memperbanyak tanaman buah tanpa nunggu lama. Begitu ditanam bisa langsung berbuah seperti induknya. Kok bisa ? Ya iyalah. Gimana tuh caranya ? Cara itu disebut dengan Mencangkok.

Tidak semua tanaman bisa dicangkok. Yang bisa dicangkok khusus tanaman Dikotil saja. Nah lihat dulu bagaimana penampang batang Monnokotil dan Dikotil dulu.


sumber : http://gurumuda.com/bse/organ-tumbuhan

Liat letak Phloem dan Xylem. Phloem adalah jaringan untuk mengangkut makanan hasil yang dimasak oleh daun. Sedangkan Xylem adalah jaringan untuk mengangkut bahan makanan hasil pencarian akar dari tanah. Pada tanaman Monokotil, letak Phloem dan Xylem tersebar tidak teratur. Sedangkan pada tanaman Dikotil, teratur melingkar. Antara Phloem dan Xylem dibatasi oleh kambium. Kambium ini berperan sebagai yang membuat batang makin besar. Yang tidak dipunyai pada tanaman Monokotil. Makanya tanaman Monokotil gak pernah besar.



Nah, mencangkok tanaman itu adalah sama aja dengan melukai kulit batang Dikotil hingga lapisan Phloem. Lapisan Phloem dibersihkan. Tujuannya, aliran makanan dari daun dihentikan pada cangkokkan tersebut.


Kulit batang yang terbuka itu kemudian ditutup dengan tanah yang dicampur pupuk. Perbandingannya 1 : 1. Lalu, ditutup dengan sabut kelapa atau plastik. Bagian atas dan bawah dibuat supaya air bisa keluar dan masuk.


Aliran makanan yang terhambat kemudian bertemu dengan tanah+pupuk selanjutnya akan menumbuhkan akar. Tapi akar yang tumbuh bukanlah akar tunggang. Meski tumbuhan Dikotil, akar yang muncul pada cangkokkan adalah akar serabut.






Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

pranowo mengatakan...

Assalamu'alaikum
Kami punya program mengadakan pengajian / Forum
Group Diskusi dirumah (pesertanya hanya Ayah, ibu dan anak-anak) ,

kami
silaturahmi kerumah-rumah,

tujuan kami :

1. Dalam rangka membentuk anak-anak
yang sholeh dan membangun keluarga sakinah serta

2. Menyamakan persepsi anggota keluarga dalam hal keilmuan umum maupun agama

3. mengurangi kenakalan remaja dan konflik antara Ayah, ibu dan anak-anak

Perum Mutiara Asri No B-3, Bangutapan, Yogyakarta (0274)693 2552

Fahrul mengatakan...

apakah mencangkok boleh lepas dari pohonya.?

mohon untuk di bales cepat

sditalam mengatakan...

boleh dilepas dari pohonnya jika sudah tumbuh akar