Sungguh patut disambut gembira. Gembira karena program pembelajaran Teknologi Informasi mulai tahun ini bisa dirasakan sejak di kelas 3. Apalagi dukungan laboratorium komputer yang sudah tidak pake lagi layar CRT (tabung) tapi udah diupdate jadi LCD semua.


Mengapa dari kelas 3? Ya karena untuk kelas 1 dan 2 masih dikonsentrasikan agar tuntas calistung. Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu ketuntasannya jika dimulai dari kelas 2. Termasuk juga program Diary writing, dimulai dari kelas 3.


Di era informasi ini jika tidak trampil menggunakan teknologinya sudah dipastikan ketinggalan jaman alias kuno. Namun harus diperhatikan rambu-rambunya. Seperti pisau, teknologi informasi jika tidak tepat dalam menggunakannya bisa membahayakan diri sendiri. Pornografi/aksi, kekerasan, sampe penipuan selalu bertebaran di dunia maya.

Untuk itu harus tepat dalam mengenalkan teknologi informasi ke anak. Anak harus kenal dan tahu komputer itu sebagai alat untuk mengolah tulisan ataukah gambar misalnya. Bukan untuk main game. Atau malah langsung internet. Sehingga benak awal tersebut akan menempel kuat seperti kenalnya pertama telur beber yang pecah dari cangkangnya dan melihat ibunya adalah seekor ayam. Meski beda bentuknya tetep ayam itu dianggap ibunya karena memang pertama kali dikenal. Dengan itu siswa jadi lebih melekat kenal komputer tidak sekedar hanya untuk game tapi benar-benar mengolah dan mendayagunakan informasi demi kemajuan dan kebaikan.

1 komentar:

Feri Adriyanto mengatakan... 10 September 2012 15.43

setuju sekali Ust. Selain jg hrs mempertimbangkan ematangan psikologis dan sosial dari anak dan jangan melupakan aspek pendampingan dari ortu saat anak belajar IT. Bravo SDIT Alam Nurul Islam

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top