Random Post

Outing Kelas 1 : Menjelajah Museum Merapi dan Wisata Pustaka di Islamic Book Fair

Dear SDITAlamania, tema pembelajaran di semester 2 ini, kelas 1 mengangkat judul Peristiwa Alam dan Energi. Targetnya, siswa mengenal berbagai jenis fenomena alam yang terjadi dan bisa mengetahui penyebab dan akibatnya. Di Jogja ada gunung Merapi. Gunung yang sangat aktif. Keaktifannya beberapa kali memunculkan aktivitas erupsi atau keluarnya magma dari perut bumi. Tentu banyak hal akibat yang ditimbulkan dari aktivitas erupsi tersebut. Nah, untuk lebih detail mengetahuinya, sekarang bisa kita saksikan dan pelajari di Museum Gunung Merapi yang letaknya di daerah Pakem Yogyakarta.
Di Museum Gunung Merapi, anak-anak dijelaskan terkait dengan aktivitas vulkanik gunung Merapi berikut dampaknya bagi penduduk terutama di wilayah Sleman dan Yogyakarta secara luas. Karena sangat aktif, gunung Merapi paling sering melakukan aktivitas erupsi. Dia mempunyai keunikan dalam hal erupsinya. Jika pada umumnya gunung berapi meletus yang dikhawatirkan adalah lahar panasnya dan lemparan material gunung berapi. Lha, Merapi ini punya keunikan adanya awan panas atau sebutan lainnya Wedhus Gembel. Karena bentuknya seperti bulu kambing.
Di dalam terdapat juga maket landscape gunung Merapi. Di situ bisa terlihat kontur atau bentuk ketinggian tanah yang menjadi kaki gunung Merapi. Sungai-sungai yang berhulu dari Merapi dan mengular ke daratan bawah.
Di Museum juga anak-anak diajak untuk membuat kincir angin dari bahan kertas. Karena di dataran yang cukup tinggi, angin yang bertiup cukup keras untuk mencoba hasil pembuatan kincir angin. Kegiatan di museum diakhiri dengan makan siang bersama serta sholat Dhuhur berjama'ah. Perjalanan outing berkanjut ke Islamic Book Fair yang diselenggarakan di Gelanggang Olah Raga UNY Jogja. Di Islamic Book Fair, anak-anak melihat berbagai macam produk pustaka. Terutama bagai anak yang sudah terbiasa membaca buku atau malah udah mania buku, di Book Fair ini laksana surga untuk mengobati dahaga bacaan anak.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment