Random Post

Outing Kelas 2 : Berburu Benda langit di Pantai Kwaru

Dear SDITAlamania, bulan ini adalah jadwal untuk kegiatan outing putaran kedua atau terakhir di semester bahkan tahun ajaran ini. Kelas 2 dengan tema Matahari akan melakukan outing mengambil obyek di pantai Kwaru Bantul. Kegiatan yang akan dilaksanakan di sana adalah pengamatan terbenam dan terbitnya matahari.
  Karena mengamati matahari terbenam maka pelaksanaan outing juga berbeda dengan outing biasanya. Siswa kelas 2 berangkat sore hari, dari sekolah jam 16.00 menuju lokasi. Tiba di lokasi siswa-siswa langsung menuju di pantai, di tempat yang lapang tanpa penghalang di bagian Barat lokasi matahari akan tenggelam. Cuaca yang cerah mendukung sekali kegiatan pengamatan. Cuma, tepat di atas ufuk barat di atas lau ada sebaris awan yang menghalangi proses tenggelamnya matahari. Seiring itu cahaya meredup dan tibalah waktu Maghrib. Di pantai sudah digelar terpal panjang untuk sholat jama'ah Maghrib.
Selesai sholat dilanjut perjalanan menuju pondok tempat menginap. Di sana sudah tersedia makan malam. Santap bersama terasa lebih nikmat dengan suara deburan ombak laut di kejauhan. Tak ketinggalan semilir angin malam turut melengkapi suasana. 
Waktu malam tibalah saatnya untuk berburu benda langit. Dengan senjata teropong Skywatcher 90mm siswa-siswa akan dipandu ustadz bagaimana caranya untuk mendapatkan benda langit. Supaya gak ngantri liatnya, teropong sudah dilengkapi dengan digital eyepiece yang langsung konnek dengan laptop dan ditayang pake proyektor. Sayang, suasana langit tertutup awan pekat sehingga harus bersabar menunggu terang hingga nampak taburan bintang di angkasa. Untuk menemukan benda langit apa yang dicari butuh panduan dulu. Digunakanlah software simulasi kenampakan langit Stellarium.

Di software tersebut dapat diamati peta benda langit di waktu yang diinginkan. Sehingga dengan hal tersebut koordinat letak benda langit bisa langsung dibidik menggunakan teropong. Dari simulasi itu bisa kita saksikan pergerakan benda langit hingga waktu matahari terbit. Malam telah larut saatnya tidur malam.
Mau tidur susahnya minta ampun. Habisnya rame-rame sih, tapi harus dengan perlakuan khusus akhirnya sepi senyam pada mengais mimpi. Menjelang Shubuh, beberapa anak bangun, karena ustadz juga sudah bangun untuk Tahajud. Beberapa anak yang sudah bangun tertarik pada aktivitas ustadz yang sedang neropong di luar pondok. Rupanya langit sudah cerah, dan pencarian sampai pada temuannya. Cuma yang ketemu kali ini entah bintang entah planet. Habisnya cahanya gak begitu kuat. Tapi cukup terang melalui teropong.
Pagi hari setelah sholat Shubuh, kegiatan selanjutnya adalah pengamatan matahari terbit. Semua siswa menuju di pantai di tanah lapang. Betapa indahnya pemandangan saat terbit matahari terkhusus di pantai. Masya Allah kita pujikan kepada Dzat pencipta alam raya ini.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment