Random Post

Outbound Periode September - Oktober 2016

Menjadi media pembelajaran untuk menghadirkan impact sehingga setiap siswa terinspirasi untuk berubah, Outbound harus didesain dengan kegiatan yang menarik, seru, menggembirakan, menantang, dan tak ketinggalan penuh inspirasi sehingga memotivasi setiap siswa untuk berubah menjadi lebih baik. Hakikatnya outbound merupakan miniatur kehidupan. Sehingga manakala kita jumpai permasalahan menyangkut perilaku, kebiasaan, adaptasi, demotivasi dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa membuat terapinya dalam outbound. Dalam outbound bisa dilakukan intervensi kepada siswa dengan reward dan punishment misalnya untuk memunculkan semangat saat mandeg dan bosan.

Permainan Bersama : Burung Magpay
 Di permainan burung Magpay, semua siswa diwajibkan untuk mengumpulkan barang-barang yang tidak diletakkan pada tempatnya. Barang-barang yang tentunya keberadaannya menjadi sumber gangguan. Besi, pecahan kaca, sampah, batu. Setiap barang mempunyai nilai atau harga. Setiap kelompok berkompetisi mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Dengan batasan waktu setiap anak menyapu bersih lapangan dari keberadaan benda yang tidak seharusnya berada di lapangan. Refleksinya : Segala sesuatu yang diletakkan bukan pada tempatnya (dholim) cenderung menjadi sumber gangguan, apapun itu. Menanamkan cinta lingkungan, menghargai berdasarkan usaha dan jerih payahnya, kepedulian sesama dengan saling membantu dan kemandirian.

Trusfall Net
  Permainan ini termasuk yang beresiko tinggi. Dilakukan untuk mengukur seberapa kepercayaan diri tiap peserta kepada rekan-rekannya. Setiap peserta menjatuhkan diri ke belakang, sedangkan teman-teman lainnya menangkap bersama menggunakan jaring. Untuk menjatuhkan butuh konfirmasi dahulu antara yang jatuh dan yang nangkap. Yang menangkap pertama mengatakan "siap jatuh?", yang jatuh menjawan "Siap !!" lalu konfirmasi "Siap tangkap?" yang menangkap jawab "Siap !!" Baru menjatuhkan diri. Bagi yang percaya penuh sikap tubuhnya akan jatuh lurus. Tapi, yang masih ragu cenderung pantatnya dahulu yang dijatuhkan.

Ascending
Untuk sesi High Impactnya adalah Ascending. Yaitu naik ke atas menggunakan tali dan pengaman. Posisi peserta menggantung, mendaki tapak demi tapak pada tali webbing yang diinstall ke atas bangunan.

 Permainan ini membutuhkan koordinasi antara kekuatan kaki dan tangan. Sebagai kuncinya ada di tumpuan kaki. Jika kaki sudah kuat menapak, maka tangan tinggal mengangkat tubuh ke atas. Sedangkan untuk menahan berat badan tinggal menggantungkan saja pada tali pengaman.

Permainan Bersama : Penjual Minyak
Di kegiatan outbound bulan Oktober, permainan bersamanya adalah Penjual Minyak. Minyak tanah bukan minyak wangi. Kunci utama si penjual minyak agar mempunyai kredibilitas yang baik di penjual, dia harus menakar jumlah minyak pas. Tidak lebih dan kurang. Di sinilah kunci permainan ini. Setiap kelompok diminta untuk memenuhi galon mineral dengan air. Setiap anggota kelompok dibekali satu buah gelas. Mereka diminta mengambil air dari sungai di bawah. Semua kelompok berkompetisi untuk mendapatkan yang paling awal memenuhi galon. Bagi yang menuang air ke galon tidak dengan gelas penuh maka akan ditolak. Belum lagi kondisi jalan naik turun dengan berjubelnya peserta. Inilah titik peliknya.


Air Bridge
Permainan yang bisa digunakan untuk mengukur tanggung jawab bersama dalam kelompok. Kombinasi antara kekuatan, ketrampilan menyusun konstruksi jembatan dan keseimbangan. Dikarenakan kerja kelompok akan bisa dilihat anggota kelompok yang memegang tanggung jawab penuh dan yang terlihat supaya kelihatan kerja.

Mini Rafting 

Pada permainan yang termasuk High Impact ini, nyali peserta diuji. Ditambah lagi aliran sungai yang deras, peserta secara berpasangan melakukan rafting dengan ban truk. Pegangan yang bisa dilakukan hanya dengan pasangannya. Sehingga kerjasama dibutuhkan untuk mengendalikan laju ban.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: