Random Post

Aksi Hari Bumi 2018 : Penanaman Bibit Pohon Cemara Udang di Pantai Kuwaru

Tutup Tema adalah kegiatan yang didesain sebagai bentuk hasil dari proses pembelajaran satu tema. Di Tutup Tema ini, siswa melakukan proses komunikasi kepada publik terkait dengan karya berupa benda, tulisan, seni, inovasi dan berupa kegiatan yang mengandung unsur kemanfaatan bagi orang lain. Sekaligus menjadi solusi atas sebuah masalah yang dihadapi.
Penutupan tema Kenampakan Alam kelas 3 bersamaan dengan momen Hari Bumi 2018. Kegiatan tersebut dilaksanakan berlokasi di pantai Kuwaru. Lokasi yang terkena dampak abrasi yang cukup parah. Terlihat di sebelah timur, garis pantai semakin memendek. Beberapa bangunan roboh, serta tanaman yang rusak akibat dari terjangan abrasi gelombang laut. Bentuk peringatan hari bumi tahun ini dipilih dengan kegiatan tanam bibit pohon Cemara Udang. Cemara Udang atau Casuarina equisetifolia dikenal sangat efektif untuk mencegah abrasi dan tsunami di daerah pantai. Seperti di beberapa pantai yang keberadaan pohon Cemara Udang yang tumbuh lebat, lebih cenderung selamta dari terjangan abrasi laut. Pohon Cemara Udang ini  dikenal tanaman yang mudah sekali perawatannya. Sangat cocok di media pasir pantai. Usia pertumbuhan yang sangat cepat menjadikan pohon Cemara Udang menjadi pilihan untuk tanaman konservasi pantai.
Kegiatan ini melibatkan orang tua dan keluarga siswa. Bertepatan dengan hari libur agar memberi kesempatan juga kepada keluarga untuk berekreasi kumpul keluarga. Kegiatan diawali dengan aktivitas sarapan pagi bersama keluarga. Sarapan pagi dilaksanakan di lokasi penanaman beralaskan tikar berlatarkan laut. Masing-masing keluarga membawa menu sarapan sendiri untuk kemudian saling berbagi antar keluarga. Hal ini menambah keakraban antar keluarga. Setelah sarapan dilanjutkan dengan kegiatan tanam bibit Cemara Udang. Satu keluarga satu bibit. Mereka menanam bersama anggota keluarga. Untuk menanam cukup mudah. Pasir digali setinggi plastik polibag bibit, kemudian plastik dibuka dan dimasukkan ke lubang. Terakhir ditutup dan disiram. Harapannya, pohon Cemara Udang ini menjadi amal Jariyah keluarga yang pahala kemanfaatannya senantiasa mengalir seiring dengan kelestarian pantai Kuwaru. Ada rasa kangen untuk selalu menengok kondisi tanaman Cemara Udang. Bahkan kelak jika anak-anak dewasa Cemara Udang menjadi memori dan penguat kepedulian akan kelestarian lingkungan. 
 Kegiatan ini bekerjasama dengan Pokgiat, kelompok giat yang diketuai Drs. H. Darminto yang kegiatan rutinnya melakukan penanaman pohon Cemara Udang dan perawatannya. Pak Darminto menyampaikan terima kasih banyak atas kehadiran para siswa, guru dan orang tua dengan kepedulian pada pantai Kuwaru melalui penanaman bibit pohon Cemara Udang. Semoga niat siswa dan para bapak ibu sekalian bernilai pahala yang banyak.





Setelah prosesi penananaman selesai dilanjutkan dengan kegiatan wisuda tahfidz Qur'an juz 30. Siswa-siswa yang sudah berhasil menyelesaikan hafalan surah-surah juz 30 diwisuda untuk memberikan motivasi kepada diri siswa maupun lainnya untuk melanjutkan hafalan juz berikutnya.

update :

Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: