Tutup Tema Pembelajaran

» »Unlabelled » Tutup Tema Pembelajaran


Setiap tema pembelajaran berakhir, setiap kelas akan mengadakan kegiatan Tutup Tema. Apa Tutup Tema itu? Sebuah proses belajar tidak semata hanya dilakukan dengan menghafal atau memahami saja. Benjamin Bloom, seorang psikolog pendidikan membuat sebuah rumusan tentang proses belajar. Klasifikasi itu berupa tingkatan proses berpikir dari yang sederhana menuju level tingkat tinggi.

Disesuaikan dengan perkembangan jaman, bersama muridnya yang bernama Lorin Anderson, Bloom merevisi taksonomi Bloom pada tahun 1990 dan dipublikasikan pada tahun 2001. Sehingga sangat jelas bahwa hasil belajar itu idealnya hingga level membuat. Bahkan dalam konsep Tarbiyah Project, setelah membuat ada satu lagi proses yang dilakukan, yaitu berbagi.
 
Untuk memastikan bahwa setiap proses belajar tak sekedar hafal dan paham, tapi sampai tingkat membuat bahkan berbagi, maka kegiatan Tutup Tema itu hadir. Di dalam kegiatan Tutup Tema setiap kelas bisa mengisinya dengan berbagai kegiatan sebagai bentuk publikasi kepada publik bahwa kegiatan belajar yang sudah dilakukan ada bekasnya. Seperti yang dilakukan oleh siswa kelas 2 dalam mempelajari tema Makanan. Tema yang berbasis materi sains ini siswa melakukan tutup tema dengan kegiatan pengenalan beberapa macam energi dalam mengolah makanan. Energi listrik, panas, cahaya dan bunyi. Melalui aktivitas membuat terompet. masak popcorn, menggoreng kerupuk, membuat roti panggang, membuat lilin dari minyak jelantah, membuat api dengan kaca pembesar.
 
Tak ketingggalan siswa kelas 5. Tema cita-cita ditutup dengan menghadirkan salah satu profesi yang sedang hits di masa kini yaitu "Chef". Bekerjasama dengan salah satu wali, bu @pandanpanoet melakukan demo masak makanan yang mudah dibuat dan menarik untuk anak - anak yaitu pizza nasi.
Kegiatan ini memberi pengalaman anak mulai dari menyiapkan alat masak dan bahan-bahannya lalu melalui proses memasak dan terahir menikmati hasil masakan. Diakhir kegiatan,mereka membuat evaluasi dikelas masing-masing tentang kegiatan yang dudah mereka lakukan. Ternyata mereka sangat senang dan menikmati. Mereka mendapat pelajaran untuk bisa menghargai makanan,karena untuk membuatnya juga membutuhkan proses yg tidak mudah. Selain itu juga menghargai beragam profesi karena sudah mempunyai porsi masing- masing di tiap lini kehidupan untuk saling memenuhi kebutuhan.
 
Di tutup tema Rumahku , siswa kelas 1 mengadakan ekspo 'Dunia Kardus'. Hasil eksplorasi mereka mengenal berbagai benda yang ada di dalam rumah. Lalu, etika dan doa yang menjadi kebiasaan sehari-hari di rumah. Siswa memebuat replika barang dan benda di rumah dan dipamerkan dalam kegiatan tutup tema ini.
 
Kelas 3 mengadakan even Job Expo sebagai hasil dari proses belajar materi yang dikemas dalam tema Pekerjaan. Selama belajar pekerjaan anak-anak melakukan project magang belajar dengan disupervisi oleh orang tua masing-masing. Bahkan mereka juga mendapatkan gaji sesuai ketentuan yang diberikan oleh orang tua atau tempat magang kerjanya. Hasil gaji yang didapatkan kemudian ditabung dalam wadah tabungan yang terbuat dari toples bekas yang dihias kolase dari biji-bijian. Job Expo menghadirkan bintang tamu dengaqn berbagai profesi. Ada pedagang bakpao, pelukis dan crosser. Yang menarik perhatian adalah aksi crosser yang melakukan track curam naik turun tangga dengan motor trailnya.
 





Share

  • This is the most recent post.

You may also like

Tidak ada komentar