Bukan beneran loh. Itu cuma judul sebuah permainan outbound. Tema semua kelas pekan ini adalah Acid River atawa Sungai Asam. Gimana sih mainnya ?

DSC_2305Semua siswa dikelompok-kelompokkan. Satu kelompok beranggotakan 6 - 8 orang. Satu kelompok diberi 4 buah papan kayu. Papan itu diibaratkan sebagai tempat titian untuk menyeberang sungai. Sungai yang akan diseberangi mempunyai keasaman yang tinggi. Artinya, siapapun yang terkena airnya akan tewas. Tugas tiap kelompok adalah menyeberangi sungai dengan seluruh anggota selamat dengan menggunakan papan-papan kayu itu.

DSC_2307Ternyata permainan jadi seru banget. Kekompakkan wajib ada. Bagi yang gak kompak pasti gagal di tengah. Dan harus mengulangi dari awal.

DSC_2308Kerjasama antar anggota harus trampil benar. Bagi anggota yang egois cuma mikir dirinya sendiri sudah dipastikan akan membuat kegagalan kelompok. Justru yang harus ada adalah pengorbanan. Supaya saling berempati untuk tujuan bersama.

DSC_2323

DSC_2324Lihat betapa pengorbanan harus dilakukan demi keberhasilan. Dua orang harus rela kakinya diinjak seorang anggota yang menghubungkan 2 papan supaya perpindahan antar berhasil selamat.  Kebayang kan bagaimana susahnya permainan ini. Permainan ini sebagai cara untuk melatih kesatuan gerak. Bagi yang masih sering egois akan kelihatan sekali. Bagi anggota yang sudah bisa saling berempati, dengan pelan dan pasti menyeberangi sungai hingga titik seberang dengan selamat.

2 komentar:

Bu rini mengatakan... 29 Agustus 2009 04.47

Alhamdulillah,ada tempat info pendidikan yg bagus sekali. Boleh jd member?

sditalam mengatakan... 30 Agustus 2009 09.10

Silahkan Bu untuk gabung di milis SDIT Alam Nurul Islam . . .

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top