Mengenal Mikro Organisme

» » » » » Mengenal Mikro Organisme

Masuk tahun ajaran baru kali ini tema pembelajaran kelas 3 mengambil tema Sekolahku. Sebagai gubahan dari tema lingkungan pada pelajaran Sains. Fokus yang dipelajari adalah terkait dengan mengenal sumber penyakit dari lingkungan. Berikut cara pencegahannya. Nah, seperti biasa agar pembelajaran dipenuhi semangat eksplorasi, didahului dengan menonton sebuah film sains. Lagi-lagi Discovery Channel jadi film favorit untuk ditonton.

alergi Kali ini tema tentang alergi yang jadi pilihan. Kita bisa tahu banyak tentang penyebab terjadinya alergi. Yang paling menarik perhatian, ternyata di udara di sekitar kita ini jika dilihat mengunakan alat bantu mikroskop sungguh mengagetkan. Ada banyak benda sangat kecil beterbangan. Yang bisa masuk terhirup dan mengotori rongga hidung. Yang bikin kaget lagi ada juga hewan sangat kecil yang sering hidup di permukaan karpet, selimut ataupun alas yang sering kita pakai. Bentuknya seperti kutu tapi kecil banget. Bahkan makhluk yang lebih kecil lagi ternyata masih ada. Bakteri namanya. Mereka banyak menyebabkan terjadinya penyakit. Yang lebih kecil lagi pun masih ada, hah ! Yang bener !! Yap benar, virus namanya. Dia selalu hidup dalam sel. Termasuk menyerang bakteri untuk berkembang biak. Biasanya, virus menyebabkan penyakit menular. Seperti demam berdarah,AIDS, flu,  . . . termasuk juga flu burung dan flu babi.

DSC_2300 Untuk membuktikan keberadaan makhluk super kecil atau sering disebut dengan mikro organisme itu dilakukanlah eksperimen. Sederhana sih. Cuma pake roti tawar dan kaldu.

DSC_2301Nah caranya gini. Untuk roti tawar disediakan 2 lembar. Semua roti ditetesi air di bagian tengahnya. Kemudian, salah satu lembar dibungkus plastik hingga rapet benar. Yang lain dibiarkan terbuka. Kedua roti itu akan diamati perubahannya selama sepekan kedepan.

DSC_2303Untuk eksperimen kedua. Kaldu ayam dimasukkan dalam air kemudian dimasak hingga suhunya kurang lebih 70 derajat celcius. Jadi gak sampe mendidih. Kemudian air kaldu dituang di 2 tempat botol kaca. Satu botol ditutup dengan rapat sedangkan lainnya dibiarkan terbuka. Keduanya akan diamati perubahannya selama sepekan mendatang. Kira-kira, roti dan air kaldu yang mana ya yang akan mengalami banyak perubahan?

Share

You may also like

Tidak ada komentar