Produksi Jamu

» » » » Produksi Jamu

Masih bertemakan sekolahku, siswa kelas 3 mempelajari cara pencegahan dan menghindarkan diri dari penyakit. Setelah mengenal sumber penyakit berikut berbagai macam jenis penyakit menular, tentu lebih lengkap jika belajar pencegahannya juga. Kebetulan, kondisi cuaca akhir-akhir ini berubah-ubah. Hal itu termasuk membuat kondisi tubuh mudah terkena sakit. Buktinya, di kelas 3 B ada 9 siswa yang tidak masuk bahkan sama ustadzah Apri juga terkena sakit. Kelas 3 C ada 7 siswa yang sakit. Salah satu cara untuk pencegahan adalah melalui penambahan zat kekebalan. Biasanya berbentuk obat kimia. Tahu kan gimana efek dari zat kimia tu? Bahkan ada yang mengatakan sebenarnya pil itu sebenarnya racun. Hah ! racun ? Maksudnya? Iya, racun yang terbuat dari kimia dengan tujuan untuk menghilangkan penyakit. Jadi harus dengan ukuran yang pas. Jika berlebihan akan berakibat overdosis. Bisa mengakibatkan kematian.

DSC_2419Yang paling aman adalah dengan minum jamu. Karena jamu dibuat dari tumbuhan sehingga efeknya tidak berbahaya meski minum terlalu banyak. Nah, kelas 3 akan belajar membuat jamu. Ada 2 jenis yang akan dibuat. Jamu Beras Kencur dan jamu Kunir Asem. Beras kencur berwana coklat keputihan sedangkan kunir asem berwarna kuning.

DSC_2430Semua siswa berkumpul sesuai dengan kelompok piket. Setelah diundi, mereka mendapatkan jatah produksi jamu sendiri-sendiri. Bagi kelompok yang mendapat jatah membuat Kunir Asem, langsung mengambil bahan berupa kunyit dan asem. Untuk yang membuat Beras Kencur langsung mengambil Kencur dan Beras.

DSC_2433Semua bahan diparut lembut. Eit, tunggu dulu. Sebelum memarut pastikan dulu tangan dalam kondisi bersih. Jangan sampai pinginnya buat jamu malah sakit setelah diminum karena kotoran dari tangan.

DSC_2438Supaya rasanya tidak ampang, mentah, air perasan kemudian dimasak. Sekaligus ditambahkan pula gula sebagai pemanis rasa. Untuk beras kencur ditambahkan beras yang sudah ditumbuk sedikit.

DSC_2443Setelah masak bener, jamu siap diminum. Tapi tunggu dulu, nunggu adem supaya lebih nikmat. Bahkan, ada juga loh yang jual es kunir asem. Ternyata, semua anak pada suka minum jamu. Apalagi jamu hasil jerih payah sendiri. matap deh rasanya.

DSC_2446Wah udah siap ni kalo sampe di rumah mau buat lagi ah. Ternyata jamu itu enak gak pahit seperti yang dibayangkan banyak orang. Gimana ya supaya jamu bisa jadi minuman softdrink, trus nantinya bisa jadi trend banyak orang minum . . . . .

Share

You may also like

3 komentar

Katara mengatakan...

...wah..mantap.. Sayang sekali kemarin gak ikut nyoba..

Sukses buat sdit ani
Barokallahu fik

Yusuf mengatakan...

Wah asyik....jamunya enak n seger

Muchlisin mengatakan...

Subhaanallaah, asyik banget nih. Semoga mereka semua menjadi generasi rabbani