Random Post

Buat Telur Asin

Masih di tema Tanah, kelas 3 kali ini berkreasi menggunakan tanah. Cuman, tanah yang digunakan adalah tanah olahan. Yaitu, tanah yang diambil dari batu bata. Good, tebakan yang jitu ! Tanah itu digunakan untuk membuat telur asin.



Nah, untuk bahan telur asin ini, tidak semua telur bisa digunakan. Dibutuhkan telur yang bercangkang teba. Digunakanlah telur bebek. Jangan keliru loh. Telur bebek tu warnanya biru.



Pertama kali, semua telur dicuci. Untuk memastikan semua kotoran hilang. Supaya selama proses pengasinan steril. Kalo masih ada kotoran, jangan-jangan kotoran tu ikut masuk ke dalam telur. Nyucinya pake sabun cuci supaya bersih bener.



Setelah bersih, telur kemudian digosok. Nggosoknya pake daun pohon jati yang kasar selama 5 menit. Tujuannya, supaya pori-pori cangkang telur terbuka dengan baik. Ati-ati loh, jangan terlalu kuat nggosoknya. Biar gak retak ato pecah.

Selanjutnya, menyiapkan bahan untuk mengasinkan. Batu bata merah ditumbuk hingga halus. Bahan ini akan digunakan untuk membungkus telur selama proses pengasinan.

Serbuk tanah merah kemudian dicampur dengan garam dapur. Pastikan tercampur dengan merata. Tuh, liat sampai harus dicicipi untuk membuktikan sudah asin bener rasanya.

Campuran tanah dan garam kemudian diberi air. Campur hingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Airnya secukupnya. Bila terlalu banyak akan sulit untuk membungkus telur.

Nah, telur-telur kemudian dibungkus. Serapat mungkin. Setelah itu, semua telur-telur itu dimasukkan ke dalam gelas mineral. Tunggu 2 pekan mendatang proses pengasinan berlangsung. Ah, udah gak sabar nih ingin nyicipi telur asin. Apalagi hasil karya sendiri.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment