Random Post

Outing : The Doctor Faculty

Belajar secara langsung, melihat obyeknya secara nyata memang lebih mantep nan asyik. Sudah terlalu sering kita belajar hanya melalui buku. Apalagi kalau harus pake menghafal bagian-bagian terutama di pelajaran Sains. Menghafal organ tubuh misalnya. Memang sih bisa kehafal, ditambah lagi melihat organ manusia aslinya pasti lebih kuat hafalannya. Bahkan tambah lagi ilmu karena pasti muncul keingintahuan.

Belajar organ manusia pastilah yang tepat pergi ke kuburan, Eh salah. Ke Fakultas Kedokteran. Alhamdulillah, Anak-anak kelas IV dapat ijin untuk datang ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Banyak orang tua wali yang jadi dosen di sana. Jadi mungkin mudah diijinin (bukan nepotisme loh). Sekolah lain bisa juga kok kunjungan. Caranya, buat surat permohonan yang dialamatkan ke Pimpinan UMY dengan tujuan fakultas kedokteran. Dua-tiga hari kemudian langsung ada konfirmasi. Baiknya jam kunjungan pas jam kerja. Lebih baik lagi sebelum dhuhur.

Kami langsung diajak masuk ke laboratorium Anatomi. Disini berisi berbagai macam organ manusia. Baik yang buatan maupun yang asli. Bener asli. Setiap melihat sebuah botol yang berisi sebuah organ, anak-anak selalu bertanya, "Ini asli gak?" Asli !!.

Ini nih termasuk yang asli itu. Seorang mayat bayi yang diawetkan. Bayi itu lahir 1o tahun yang lalu. Jadinya kalau hidup pas seumuran anak-anak kelas IV.

Kami dibimbing oleh dr. Indah. Koleksi ruangan itu diterangkan apa isi serta fungsinya. Anak-anak antusias untuk mengajukan pertanyaan atas keingintahuan mereka. Pertanyaan kembali berulang "Itu asli gak dokter?" Lah, dasar anak-anak !

Mungin belum beruntung kali ya. Kepinginnya kita bisa melihat mayat dibedah. Tapi saat itu mahasiswa baru pada serius praktek sehingga kami belum diijinkan masuk. Kami cuma bisa lihat dari balik pintu kaca. Sambil mata lirak-lirik "Mana sih mayatnya?"
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: