Random Post

Memulai Beternak Ayam

Di tahun ajaran kali ini ada sesuatu yang baru. Yaitu, terkait dengan pelaksanaan pembelajaran Pengembangan Diri. Jika dahulu pembelajaran Beternak, Berkebun, TIK, Market Day, Menulis dilakukan oleh semua jenjang kelas, nah sekarang beda. Berkebun hanya dilaksanakan di kelas 2. Beternak untuk kelas 3, Market Day untuk kelas 4, TIK untuk kelas 5 dan kelas 6 diasah kegiatan menulisnya.

Untuk beternak, di semester ini hewan yang akan diternakkan adalah Ayam. Setelah ternak Ikan dan Hamster dilakukan di semester ganjil kemarin.

Ayam yang dipilih berjenis Buras atau bukan ras alias ayam kampung. Karena lebih tahan terhadap penyakit. Setiap 2 anak diberi tanggung jawab untuk memelihara 1 ekor Ayam. Pada pembelajaran Beternak ini sebenarnya bukan orientasi hasil. Artinya, bukan tujuan untuk mendapatkan hasil panen Ayam yang besar dan berat. Namun, ada nilai yang lebih besar yang diharapkan dapat diukir menjadi sikap siswa. Melalui beternak Ayam anak akan dibiasakan dengan sikap-sikap seorang Pemimpin seperti tanggung jawab, berani mengambil resiko, siap menghadapi kegagalan kemudian mengevaluasi, disiplin dengan selalu memberi pakan, tumbuh kasih sayang terhadap makhluk binatang, sadar kebersihan, tidak jijik. Itulah sikap-sikap yang akan diambil dari kegiatan Beternak. Masalah nanti Ayam-Ayam itu tumbuh bagus dan dipanen sukses, itu adalah bonus saja dari belajar Beternak.

Jadi perlu diluruskan, supaya tujuan yang dikehendaki dari pembelajaran Beternak bisa tercapai. Karena berulang kali ada beberapa kalangan yang selalu mengusulkan jika pembelajaran Beternak cukup pengamatan saja pada Peternakan yang sudah sukses. Jika seperti ini, Beternak menjadi sesuatu yang formal saja. Karena tanggung jawab siswa tidak melekat erat. Untuk membentuk sikap-sikap kepemimpinan pada siswa menjadi kurang efektif.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar:

Twanda Hija mengatakan...

This weblog appears to get a great deal of visitors. How do you get traffic to it? It offers a nice individual twist on things. I guess having something useful or substantial to talk about is the most important thing.

Ute Ninneman mengatakan...

I’d have to give blessing with you here. Which is not something I usually do! I really like reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

World of Warcraft Guides mengatakan...

Wow, this is very interesting to read. Have you ever considered submitting articles to magazines?

fahmi mengatakan...

assmu'alaikum?
q dah l\back link...
gantian link bloq q...