Menjahit pake mesin tentu hanya orang tertentu saja yang bisa. Tapi, jahit pake tangan sepertinya ketrampilan yang wajib harus dikuasai. Bayangkan, saat di tengah hutan tiba-tiba celana kita robek sampe jadi dua. Apa mau kita pake gitu aja meski kelihatan auratnya. Kan jadi malu deh. Nah, kalau kita pinter jahit. Tentu segera kita kan cari serat batang tanaman. Trus pake benda tajam pelan-pelan kita jahit celana robek kita. Meski dengan kondisi yang sangat sederhana yang penting aurat tetap aman tertutup.

Untuk bisa jahit tangan, satu pertama yang harus bisa adalah memasukkan benang ke dalam lubang jarum. Perlu usaha keras lho, tenang dan kesabaran tinggi. Kalo gak sabar, bisa-bisa tu jarum patah habis dibengkokin. He . . he . . he.

Setelah benang masuk ke jarum, tarik tu benang sepanjang yang dibutuhkan dan potong. Lalu, tarik benang, temukan ujung dengan ujung. Buat simpul mati di kedua ujung benang. Usahakan simpulnya gede. Tujuannya supaya biar pas menjahit nanti pas simpul itu untuk menahan benang waktu ditarik. Satukan dulu kain yang mau dijahit. Tusukkan jarum kemudian tarik, tusuk lagi di dekat tusukan yang pertama kemudian tarik. Makin rapet tusukan makin rapi deh hasil jahitan.

Oke udah siap tuk nyoba di rumah. Mulai deh cari baju atau celana kalian yang robek. Ambil jarum dan benang. Coba jahit pake tangan. Syukur, yang nanti mau jadi dokter bedah udah mahir dari sekarang urusan jahit menjahit.

1 komentar:

Ainun Waznin mengatakan... 20 September 2011 04.46

Nyunah Ust. Rasulullah menisik sendiri celananya yang sobek ! Alhamdulillah Husnayain juga melaksanakan sunah Rosul. Semangat !!!

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top