Random Post

Panen Nira Aren

Sebelum menjadi area yang penuh bangunan, SDIT Alam Nurul Islam dulunya merupakan hutan yang ditumbuhi pepohonan. Konon area yang merupakan daerah aliran sungai Bedog ini pernah menjadi tempat untuk latihan prajurit TNI. Salah satu pohon yang banyak tumbuh disinin adalah pohon Aren. Itu tu pohon yang mirip-mirip pohon Kelapa tapi buahnya mirip-mirip Kurma.

Seperti kelapa, pohon Aren juga bisa diambil air sarinya yang berasal dari bunga. Dikenal dengan air Nira. Air ini digunakan sebagai bahan untuk membuat gula Jawa.

Warnanya putih agak keruh. Jika diminum rasanya manis dan sedikit seperti minuman bersoda. Karena memang jika disimpan dalam tempat tertutup dalam waktu yang lama bisa menjadi minuman keras.

Nah kalo sudah jadi gulanya warnanya berubah dan memadat. Coklat dan rasanya manis sekali. Biasanya dipakai untuk bahan masak atau untuk bahan pemanis minuman.

Alhamdulillah, satu-satu seluruh siswa bisa mencicipi gimana sih rasanya gula Aren itu. Tidak itu saja, yang mau nyicip nira Aren juga ada.
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: