Rabu Ekspresi Baru : Membaca Buku dan Menulis Diary

» » » Rabu Ekspresi Baru : Membaca Buku dan Menulis Diary

Dear SDIT Alamania, Rabu adalah hari semua siswa dan guru untuk menunjukkan ekspresinya. Setiap Rabu semua siswa dan guru bebas mengeluarkan potensinya. Itu tujuan diadakannya Rabu Ekspresi. Kegiatan yang sudah terjadwal di Rabu Ekspresi adalah Jelajah Lingkungan, Bersih Lingkungan, Senam dan Berbahasa. Di semester ini ada satu lagi yang melengkapi kegiatan Rabu Ekspresi. Yaitu, Membaca Buku untuk kelas 1 dan 2, Menulis Diary untuk kelas 3 hingga 6. 
Setelah semua siswa berkumpul di lapangan dengan bekal buku bacaan dan diary, mereka dipersilahkan mencari tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas membaca buku dan menulis diary. Untuk menjadi kebiasaan memang harus dibuat seruan. Bagi yang sudah terbiasa sejak kecil menghabiskan buku dalam waktu singkat, tentu aktivitas ini menjadi hal yang lebih menarik. Rame-rame secara massal membaca buku. Jika membaca sudah membiasa, idealnya ia akan menggantikan aktivitas mendengar. Jika mendengar itu pasif maka harapannya dengan membaca menjadi aktivitas yang aktif.
Saudara kembar dari membaca adalah menulis. Rasulullah SAW bersabda قيدوا العلم بالكتابة "ikatlah ilmu dengan tulisan". Tulisan akan mengikat segala lintasan, inspirasi, temuan, a-ha, eureka yang dihasilkan pikiran. Masih ingat kan apa yang dilakukan Archimedes sewaktu menemukan hukum daya apung sewaktu mandi ? Dia langsung loncat dari bak mandi dalam kondisi (maaf) telanjang bersegera mencari alat tulis dan menuliskan rumusan makna temuannya karena khawatir segera lenyap dengan lupa. 
 Untuk memulai membiasa menulis tidaklah mudah. Maka biar ringan dimulai dengan menulis diary. Apa yang menjadi kesan, pikiran, curhat, rasa, ditumpahkan dalam diary. Lambat laun dengan membiasa menuangkan apa yang ada di pikiran ke bentuk tulisan, untuk membuat gambaran dan ide dengan tulisan akan mudah. Dan yang paling penting, menjadi kebiasaan. Konon, batasan prasejarah dengan sejarah itu ditentukan adanya bukti budaya tulisan. Hingga, menulis akan menggantikan aktivitas berbicara.  

Share

You may also like

Tidak ada komentar