Outing Kelas 1 : Pabrik Bakpia, Museum Sonobudoyo dan Taman Lalu Lintas

» » » Outing Kelas 1 : Pabrik Bakpia, Museum Sonobudoyo dan Taman Lalu Lintas

Untuk menajamkan pembelajaran dengan tema Keberagaman serta tema Aku Suka Hidup Tertib, Kelas 1 pada hari Selasa, 10 November 2015 mengadakan outing ke 3 tempat. Pabrik Bakpia untuk mengetahui proses pembuatan makanan khas Jogja, Bakpia. Lalu ke Museum Sonobudoyo tempat menyimpan berbagai artefak dan seni. Dan terakhir di Taman lalu lintas.
  Pusat industri pembuatan bakpia ada di Pathuk Jogja. Mumpung masih pagi, outingnya pertama ke sentra bakpia dulu. Di sini anak-anak menyaksikan bagaimana proses pembuatan bakpia dilakukan. Ternyata bahan utama bakpia adalah tepung terigu. Meskipun untuk isi bakpia kini sudah mulai bermacam-macam bentuknya. 
 Di Bakpia Pathuk usai, outing berlanjut ke museum Sonobudoyo. Di museum ini anak-anak menyaksikan benda-benda seni dari seniman keraton Jogja dan seniman lainnya. Mungkin anak-anak masih merasa abstrak ya mendengar penjelasan dari pemandu, tapi pasti deh ada kesan sewaktu menikmati karya seni para seniman itu.
  Selesai dari museum Sonobudoyo, perjalanan berlanjut ke daerah Giwangan. Deket dengan terminal bus Jogja. Di sana ada wahana taman Lalu Lintas. Anak-anak  bisa bermain sambil belajar memahami aturan lalu lintas. Memahami bahwa ketertiban itu wajib ditegakkan supaya keselamatan berkendara terjadi. Jika dalam berlalu lintas tidak mentaati aturan, tidak saja diri sendiri yang mungkin akan kena celaka. Orang lain pun bisa jadi akan turut terkena akibatnya. Maka selalulah untuk tertib berlalu lintas.




 
 Setiap nilai dan karakter akan lebih mudah diserap jika anak-anak ikut melakukan. Bukan hanya guru menerangkan saja meski juga sudah dilengkapi gambar dan video. Karena merasakan itu termasuk pembelajaran yang lebih banyak porsi dipahami karena dengan melakukan akan muncul kesan dan pengalaman.

Share

You may also like

Tidak ada komentar