Eksplorasi Klasifikasi Tumbuhan

» » » Eksplorasi Klasifikasi Tumbuhan

Belajar tentang makhluk hidup tidak akan lepas dengan mempelajari dunia tumbuhan. Untuk lebih mengenal sifat dan karakteristik berbagai macam tumbuhan bisa dimulai dengan melakukan pengelompokan tumbuhan. Pengelompokan bisa dilakukan dengan menemukan kesamaan bentuk yang terdapat pada tumbuhan. Belajar tentang pengelompokan tumbuhan, siswa kelas 3 terjun langsung ke lapangan. Lapangannya tentu bukan lapangan bola ya, tapi ladang dimana letak berbagai tumbuhan bisa didapat.
Semua siswa dikelompokkan menjadi 5 kelompok. Setiap siswa mencari minimal 2 tanaman yang berbeda. Setelah terkumpul setiap kelompok, masing-masing melakukan pengelompokan terhadap tanaman tersebut. Pengelompokan dilakukan dengan dasar kesamaan. Bebas. Bisa atas kesamaan bentuk akar, kesamaan bentuk daun atau yang lainnya.
Setelah dikelompokkan, setiap kelompok diminta menggambarkan bentuk akar dan daun dai setiap tumbuhan yang mereka kelompokkan. Dari berbagai tanaman yang mereka peroleh, ternyata ada 2 jenis bentuk akar yang didapat. Akar berbentuk keriting lembut dan kecil, serta bentuk akar yang besar-besar namun diliputi serabut akar lembut. Bentuk daun pun mereka dapatkan bermacam. Bentuk bulat dan memanjang. Di tengah daun terlihat tulang daun. Bentuk tulang daunnya pun ada yang seperti tulang ikan dan ada yang seperti jari manusia. 
Dengan belajar langsung di alam, anak merasakan langsung bagaimana menjadi seorang Botanist, ahli tanaman yang tahu benar seluk beluk tanaman yang berada di alam ini.

Share

You may also like

Tidak ada komentar