Guru dan pendidikan adalah pasangan klop dalam membangun suatu bangsa. Kemajuan suatu negara sangat bergantung pada kualitas dan karakter manusia di sebuah negara tersebut. Dan hal tersebut sangat bergantung pada bagaimana bentuk pendidikannya. dan pendidikan sendiri aktor pelaku utamanya adalah guru. Pentingnya peran guru ini sangat tentu harus ditopang dengan penyiapan dan pemeliharaan kualitas guru. Karena guru akan menjalankan peran perubahan anak manusia yang menjadi peserta didik yang akan tidak semata menguasai kemampuan akademik namun lebih penting lagi adalah peserta didik mampu mempunyai kepribadian dari nilai-nilai yang ditransformasikan oleh guru. Sehingga menjadi sosok guru yang selalu berenergi setiap saat mengimbaskan semangat dan motivasi untuk menjadi lebih baik tidak bisa ditawar lagi.
 Dalam proses aktivitasnya, guru memang sudah terpandu dengan segenap perencanaan kurikulum yang sudah dstandarisasi dan dibakukan. Tapi untuk menggerakkan perubahan lebih nyata dan mantap, guru harus selalu disuntikkan motivasi yang akan menyegarkan cita-cita besar membangun peradaban. Tanpa hal ini niscaya aktivitas guru akan hanya menjadi rutinitas mekanis tanpa ruh besar yang mengerakkan dan mengubah menjadi lebih baik.
Sangat tentu pula forum motivasi guru ini bukanlah forum pengajian. Bukanlah forum yang harus ada sebagai bentuk formalitas lembaga. Sehingga pilihan materi harus rutin, singkat tak bertele, tepat mengena,  memberikan energi yang akan bereaksi menjadi semangat sehingga sesederhana apapun dalam aktivitas yang dilakukan guru ditangkap peserta didik penuh ruh dan mengimbaskan semangat untuk menjadi lebih baik.

0 komentar:

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top