Eksperimen Membuat Api

» » » Eksperimen Membuat Api

Memasuki tema pembelajaran Api, kelas 3 mengawalinya dengan pelajaran Sains membuat Api. Setelah mengenal bagaimana api awal mula ditemukan kaum primitif, mereka ingin sekali mencoba membuat api dengan cara primitif. Yaitu dengan metode Fire-Plow yaitu dengan menggosokkan 2 buah kayu. satu kayu yang keras berbentuk tongkat digosokkan ke kayu berbentuk papan.

Fire-PlowMemang butuh ekstra tenaga hingga kayu benar-benar mengeluarkan asap kemudian dipancing dengan bahan yang mudah terbakar. Seperti kapas atau daun-daun yang kering

Fire-PlowSelain cara primitif, dipake juga cara yang modern. Menggunakan cermin cembung. Yang dipake adalah kaca pembesar atau Lup. Dengan lup yang dibutuhkan adalah sinar matahari yang terik. Untuk mendapatkan titik api yang benar-benar panas. Dengan menggunakan lup, sinar matahari dikumpulkan menjadi satu fokus. Titik fokus itu dikenakan pas di bahan yang mudah terbakar. Seperti kapas.

Convex Lens Metode ini dikenal dengan sebutan Convex Lens. Penasaran mau coba ? Ayo deh, bahannya juga mudah didapat kok. Mungkin suatu saat ilmu ini akan dibutuhkan saat kondisi survival dimana korek api sangat sulit ditemukan . . . .

Share

You may also like

Tidak ada komentar