Penghantar Panas

» » Penghantar Panas

Panas selain bisa sebagai sumber energi untuk memasak, ternyata penting juga digunakan sebagai sumber energi untuk membangkitkan listrik, energi peledak ya . . . atau sekedar untuk mengusir dingin. Mengetahui bahan yang bisa menghantarkan panas sangat penting. Sepenting juga mengetahui bahan apa yang mampu menghambat panas.

dsc_1146 Penerapan sederhananya ya kalo pas kita dikasih tugas masakin air pake panci untuk mandi pagi pas musim dingin gini. Takut terlambat sekolah akhirnya kita keburu ambil panci mendidih tanpa lapisan bahan. Ya udah deh kaget kepanasan. Untung, airnya gak tumpah. Kalo tumpah wah ceritanya pasti jadi lain.

dsc_1148 Mau tahu bahan apa saja yang bisa menghantarkan panas ? Ada percobaan sederhana yang bisa dilakukan. Kumpulin aja berbagai bahan, dari yang logam, besi, alumunium, seng, atau plastik, karet, kertas, dll. Buatlah bahan itu memanjang seperti tongkat. Pakelah mentega sebagai penunjuk adanya energi panas, oleskan di bagian pangkal. Kalo ada mentega pasti akan cair. Panasi ujung tongkat dengan api lilin. Amati perubahan mentega. Nah, menurutmu bahan apa yang paling cepet menghantarkan panas ?

Share

You may also like

1 komentar

Anang S mengatakan...

bagus deh, hayo siapa yang nyusul