Jam Matahari

» » Jam Matahari

Bertema matahari, kelas 2 rame-rame membuat jam matahari. Sambil mengingat jaman dulu banget. Ribuan tahun dulu, saat orang belum punya jam untuk penunjuk waktu. Ternyata ada yang cerdas, kalo matahari bisa dijadikan penunjuk waktu.

jam matahariBuatnya dari kertas yang digambari dengan sebuah lingkaran di tengahnya. Trus dikasih angka, seperti jam deh. Di tengahnya dikasih sedotan yang ditempel dengan plastisin. Sedotan ini sebagai jarum. Kemudian setelah jadi jam itu dibawa ke tempat yang terbuka. Sinar matahari bebas memancar.

jam matahari02 Nah begitu sinar matahari menerpa jam. Akan muncul bayangan sedotan. Keliatan kan seperti jarum penunjuk pada jam. Tinggal dipaskan dengan angka sesuai dengan waktu saat itu. Amati deh, ternyata bayangan itu bergerak seperti jarum jam. Lho kok bisa ? Ya iyalah karena matahari bergerak . . . ups buka matahari tapi bumi yang berputar. Sehingga matahari serasa bergerak dari timur ke barat. Jadinya bayangan yang terbentuk juga bergerak kan.

jam matahari03Tapi jangan dipake saat malam ya. Mataharinya gak ada. Kalopun ada bulan saat purnama juga sulit. Habisnya cahayanya kalah terang dengan matahari. Selamat mencoba . . . .

Share

You may also like

4 komentar

diah mengatakan...

keep up the good work, guys....

eka mirdyawati mengatakan...

thanks for the news. Saya suka banget n pengen nyoba. Please bagi-bagi ilmu tentang materi di kelas 2.............okay :D I'll be wait.

lucifer mengatakan...

nih tutorialnya cara bikin jam matahari -----> http://www.hakim-90eksperimen.com/2013/02/jam-matahari.html :D kunjungan balik :D

sditalam mengatakan...

trima kasih banyak infonya :)