Random Post

Meneliti Jenis Tanah

Jika diperhartikan benar dan seksama, ternyata tanah berbanyak jenis loh. Coba aja lihat di sekeliling rumahmu. Ambil sejumput, bandingkan masing-masing tempat dimana kamu ngambil tanah. Dari warna, butiran, bau dan kekenyalannya.

tanah01Akan menarik manakala melihat kondisi tanah di daerah tepi sungai. Gak harus menggali, kita bisa lihat ternyata tanah tu berlapis-lapis. Seperti kue lapis. Diantara lapisan tanah juga ada satu lapis berupa bebatuan. Seru deh, bisa lihat gimana juluran akar pohon. Menyusupi pori-pori tanah dan bebatuan.

tanah02Lain lagi tanah di sungai. Selain memang udah basah banget, dari baunya juga lain. Amis gitu. Mungkin berasal dari bangkai ikan kalee. Ato jangan-jangan dari yang lain ?!?!?!

tanah03Nah, untuk menguji kesuburannya, masing-masing tanah yang sudah diambil diberi 3 buah biji kacang ijo. Selama sepekan akan dipantau seberapa subur tanah itu untuk menumbuhkan kecambah kacang ijo
Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

republik kreatif mengatakan...

interaksi dengan alam, lingkungan, tempat kita hidup sering dilupakan. Pendidikan sebagai ranah mencari dan menemukan pengetahuan sering melupakan poin interaksi dengan lingkungan. Syukur kepada Yang Kuasa, masih ada sekolah Alam yang memberikan ruang bagi anak-anak untuk merasakan dan mengenali alam, lingkungan dan tanah tempat manusia berpijak.,