Ziarah Kubur

Menyebutkan fungsi kegunaan tanah sangatlah banyak. Yach . . . yang paling sering kesebut pasti untuk menanam tanaman. Lha sama dengan menanam, tanah juga bisa digunakan untuk 'menanam' manusia. Lho kok bisa? Manusia yang udah mati tentunya. O . . gitu. Tentang kuburan ada loh tuntunan untuk menziarahinya. Meski dulu Rosul sempat melarang bagi wanita.

Ziarah Kubur Ada sih beberapa anak masih merinding manakala masuk bahkan jalan melewati kuburan. Takutnya muncul gara-gara sering liat sinetron ato denger cerita hantu. Jadi kebayang-bayang gitu. Padahal ke kuburan bukan untuk uji keberanian. Tapi yang paling penting adalah mengingat kematian. Dzikrul Maut bahasa kerennya.

ziarah02Lho ngapain diinget-inget. Kematian kan hal yang mengerikan, bisa-bisa hidup ini jadi sedih terus. Bukan, bukan itu maksudnya. Dengan mengingat kematian yang tidak tahu kapan datangnya itu kita bisa selalu waspada untuk selalu berbuat kebaikan. Sehingga pas dicabut nyawa kita, pas berbuat baik. Jadi, khusnul khotimah, akhir yang baik gitu.

ziarah03Selain sebagai media untuk mengingat kematian, bisa juga dijadikan sebagai sarana mendoakan saudara mukmin, atau orangtua, kakek-nenek, paman dan bibi kita yang sudah mendahului kita berpulang ke rahmatullah. Karena orang meninggal itu akan terputus amalnya kecuali dengan ilmu bermanfaatnya, harta shodaqohnya dan anak-anak sholeh yang selalu mendoakannya.

Share

You may also like

2 komentar

astuti mengatakan...

assalamu'alaikum wr.wb.
betapa pentingnya kita mengingat mati...yang merupakan kepastian dalam kehidupan ini....orang yang cerdas adalah orang yang selalu mengingat kematian...dengan adanya kegiatan ini siswa menjadi lebih paham dengan kehidupan dan tidak takut lagi dengan kuburan....yang kebanyakan manusia masih terlupa dan takut untuk melangkah ke rumah masa depan....
salut dengan program pembelajaraannya ustadz-ustadzah di SDIT NUris...semoga senantiasa terus kreatif dan berinovasi untuk memajukan kualitas pendidikan INdonesia.
oh ya ustadz ane copy foto-fotonya untuk tambahan ...tesisnya...jazakalloh
wassalamu'alaikum wr.wb

Nida mengatakan...

" mang aya jurig di KubuRan? Abi perNah ka KubuRan tapi teu aya nanaon.
Lachhh eta machhh boong? Eta mah jalmi nu ngajiarah.