Simulasi Gempa 5SR

» » » » Simulasi Gempa 5SR

Pas banget dengan tema pembelajaran tentang permukaan bumi, Lembaga Pengabdian Masyarakat dari UGM mengadakan simulasi penanganan bencana gempa bumi 5 Skala Richter. Pesertanya seluruh siswa SDIT Alam Nurul Islam. Setiap siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang dikoordinasi oleh kakak kelas 5. Mereka sudah mendapatkan pelatihan sebagai Pandu Siaga bencana sebelumnya.

Gempa 5SRPertama, setiap kelompok diminta menempati kelas-kelas untuk beraktifitas seperti biasa. Sekaligus Pandu Siaga Bencana menjelaskan tentang bagaimana jika terjadi bencana gempa.

Gempa 5SRBegitu sirine tanda gempa datang, semua siswa berhamburan keluar kelas. Mereka menyelamatkan diri menuju lapangan terbuka. Masing-masing Pandu meneliti siapa anggotanya yang terluka. Oh ternyata ada yang terluka disana .  .

gempa 5SR03Eh, ternyata si Aufa kelas 1 terluka. Luka serius banget. Lehernya patah. Jadi ia harus ditolong dengan pengikat leher dulu supaya patahnya tidak semakin parah.

Gempa 5SR-04Wadauh yang ini korbannya pada nangis karena kehilangan keluarganya. Jadi Pandu siaga bencana harus siap menghibur dan menenangkan.

Gempa 5SR-05Yang ini agak parah, kakinya tertimpa bongkahan kayu atap rumah. Sehingga kakinya patah. Pertolongan pertamanya, kakinya harus diikat dulu di bagian yang patah supaya tidak geser tambah parah patahnya. Trus ngangkat badannya juga harus lurus.

Gempa 5SR-06Nah, simulasi ditutup dengan bahas bareng gimana cara penanganan setiap kasus korban. Yang patah leher, patah kaki, yang nangis-nangis, yang pingsan. Semua siswa memperhatikan sambil menikmati snack. O,iya. Saat itu kebetulan ada kru dari DAAI TV, TV Kabel dari Jakarta yang meliput kegiatan. Beberapa Pandu Siaga Bencana diwawancarai terkait dengan kegiatan tersebut.

Gempa 5SR-07

Share

You may also like

3 komentar

Irwan mengatakan...

Sekedar informasi yang mungkin berguna untuk saudara2ku.
Saat ini sudah ada alat yg bernama QUAKE ALARM - Alarm Gempa, yang salah satu fungsinya untuk memberi PERINGATAN DINI sesaat sebelum gempa terjadi, dengan DETIK-DETIK YG BERHARGA ini kita dapat segera berlindung ke tempat yg aman.

Quake Alarm™ adalah detektor gempa bumi dari JDS Products, Inc., sebuah perusahaan di California, U.S.A. yang sangat cocok untuk dipasang di rumah, kantor, gedung bertingkat, apartemen, hotel, pabrik, sekolah, dll.
Dan akan berbunyi keras pada saat sebuah gempa bumi terdeteksi.

Informasi lengkap tentang QUAKE ALARM, dapat dibaca pada link berikut :
http://www.facebook.com/note.php?note_id=87415896434

Norma mengatakan...

waaaaaaaaah, kegiatan simulasi ini kan yang dibikin sama temen-temen tim PKM UGM ;)
senangnya :D
gimana kabar adik-adik semua?
salam dari Norma, mas Adit, mas Geri, mbak Ika dan mas Robi dari tim PKM UGM ya :)
salam siaga !

sditalam mengatakan...

kita mau lagi loh dilatih simulasinya. . . . salam kami, salam Pandu SIT, Bersiap Siagalah !!!