Lomba Pustaka

» » Lomba Pustaka

Berakhirnya evaluasi semester (TKM) diadakan classmeeting. Kali ini lomba yang diadakan terkait dengan pustaka. Atau Buku. Jadilah ada Lomba Pustaka. Banyak banget jenis lombanya. Untuk kelas atas ( 4 - 6) : ada Lomba Sinopsis, Cerpen, Poster, Pidato dan Mading. Sedangkan kelas bawah (1 - 3) : ada komik, mewarnai, pidato, puisi dan mading.

pustakaSelain itu juga ada pemilihan raja dan ratu buku 2009. Serta the Best of Tunurisba (Tujuh Menit Nurul Islam Membaca). Keseluruhan lomba mengambil tema besar satu. Aku Cinta Buku.

pustaka

pustaka

Rangkaian lomba dilaksanakan selama 2 hari. Di hari berikutnya, diadakan kegiatan Bazar buku. Ada banyak penerbit yang diundang. Anak-anak pada suka sekali melihat koleksi buku yang dijual. Beberapa anak membeli cukup banyak buku yang disukai.

pustaka

Tu liat, antrinya aja sampe panjang gitu. Antri mau bayar. Yang sedang pilih-pilih buku juga masih berjubel. Menjelang jam 09.00, acara Jumpa Penulis segera dimulai. Penulis yang akan hadir adalah Pak Fauzhil Adhim. Sudah banyak buku yang bliau tulis. Bahkan katanya sejak 4 SD tulisannya sudah dimuat di koran.

fauzhil adhim Apa kiat supaya jadi penulis. Kata beliau, pertama biasakan selalu untuk selalu baca buku. Yach, paling minimal 1 buku per pekan. Kalo bisa malah 3 buku per pekan. Dulu waktu kecil pak Fauzhil selalu menyisihkan uang saku untuk beli buku. Padahal jarak toko buku dengan rumahnya jauh banget lho. Saking gak sabarnya ingin baca, selama perjalanan pulang sambil jalan buku yang sudah dibelinya bliau baca. Akibatnya bliau sampe nabrak tiang telepon. Eee  . . . sampe rumah bukunya udah habis kebaca.

pustakaBliau berpesan, kurangi aktivitas nonton TV. Karena liat TV tu membuat otak kita jadi pasif. Gak berkembang. Latih sejak dini untuk menulis. Swaktu diberi kesempatan bertanya banyak anak-anak yang bertanya. Ada yang menanyakan gimana caranya mendapatkna ide menulis, apakah harus menyepi di pegunungan. Pak Fauzhil menjawab, untuk dapat justru harus ketemu banyak orang. Berdiskusi, baca koran, buku atau internet. Pak Fauzhil tu sering sekali diskusi lho. Tiap pekan hampir beberapa malam digunakan untuk diskusi sampe larut malam.

pustaka Ada yang nanya, berapa kekayaan Pak Fauzhil dari menulis ? Bliau jawab, jadi penulis tu jangan berniat untuk cari kekayaan. Tapi berniatlah untuk berbagi ilmu, berdakwah. Jika udah begitu, kekayaan akan mengikutimu.  Bliau udah menulis kurang lebih 25 judul. Buku yang paling banyak dicetak sebanyak 150 ribu eksemplar. Tiap bulannya bliau selalu menerima royalti dari penerbit. Kata bliau, jadi gak harus jadi pegawai bisa gajian juga jika jadi penulis. Setiap 3 bulan sekali selalu ke luar negeri. Malaysia, Hongkong, China,. Tapi sekali lagi, pesan bliau, jangan berniat menulis untuk bisa keluar negeri. Tapi niatlah untuk berbagi ilmu bagi kemanfaatan manusia.

pustaka

pustakaAcara diakhiri dengan pembagian hadiah lomba pustaka. Banyak wajah-wajah baru yang tampil. Artinya, potensi di bidang pustaka semakin terasah. Yang palign ditunggu adalah saat pemilihan Raja dan Ratu Buku 2009. Dari beberapa nominasi yang muncul, akhirnya untuk Raja terpilih mas Abyan kelas V. Sedangkan Ratu terpilih mbak Anis kelas IV a. Mereka berdua termasuk peminjam buku di perpustakaan paling banyak, paling memahami isinya bahkan paling hafal dimana letak bukunya di perpustakaan. Selamat ya . . . . Ayo siapa yang mau merebut di tahun depan

Share

You may also like

1 komentar

bianca mengatakan...

SELAMAT BUAT YANG MENANG YA!!!!!
BE SUCCESS !!!!!!!!!!