Biopori

» » » Biopori

Wah makhluk apaan tuh? Benda mati ato hidup ya ? Tepatnya, Biopori itu adalah merupakan lubang. Ingat kata pori. Pori-pori tubuh kita untuk keluar keringat. Lubang pada tanah yang dibuat oleh organisme dalam tanah seperti cacing, rayap dan hewan fauna lainnya ataupun akar tanaman. Lubang itu akan terisi udara dan sebagai tempat lewat air hujan dan penyubur tanah.

biopori Untuk kenal lebih dekat, siswa-siswa SDIT Alam belajar membuat biopori buatan.  Untuk membuat lubang dibutuhkan alat khusus. Seperti bor dengan gagang atas seperti huruf T.


DSC00941


DSC00956


Yang kayak huruf T tadi dipake untuk memegang dan memutar. Sedangkan ujung alat lancip mirip bor. Pinggirnya agak pipih untuk menggerus tanah yang dilobangi.


DSC00950Lubang yang dibuat sedalam kurang lebih 100 cm atau 1 meter. Mm, cukup dalem kan. Untuk memastikan benar bahwa sampah organik yang akan dimasukkan cukup banyak. Sehingga tanah pada lubang bisa tersuburkan.


DSC00959Begitu lubang sudah dalem benar, langkah berikutnya adalah memasukkan sampah organik. Sampah yang bisa membusuk. Tujuannya supaya sampah bisa membusuk menyatu dengan tanah. Sekaligus jika ada air masuk tidak kemudian mengikis tanah.


DSC00954Bagi yang semangat sekalian bersih-bersih sampah, pasti juga semangat buat lubang yang banyak juga. Satu kegiatan bisa dua tujuan. Untuk membuat perlindungan tanah sekaligus bersih-bersih sampah.


DSC00952


Share

You may also like

1 komentar

genial mengatakan...

betapa menyenangkannya di sore ini, menjelang mlm mngguan.. menjelang 17an, menjelang ramadhan... mendapatkan ilmu yg sangat bermanfaat iki...

thnx for sharing this :)