Outing ke Gunung Purba

» » Outing ke Gunung Purba

Mengakhiri pembelajaran tema perdana di semester ini, kelas 5 merayakannya dengan kegiatan outing. Tujuannya ke produksi Biogas di godean dan obyek gunung Purba di desa Nglanggeran Patuk Gunung Kidul. Yang paling seru tu obyek yang kedua. Baru tau ternyata di Jogja selain mempunyai gunung teraktif di dunia, yaitu Merapi. Punya juga gunung purba yang tentu udah gak aktif lagi.

Untuk  menuju ke lokasi dibutuhkan waktu kurng lebih 1 jam. Kemudian setelah sampe kumpul dulu di joglo yang udah disediain disana untuk sebentar istirahat.

Begitu istirahat cukup, dilanjut jalan naik. Yach, namanya gunung pasti letaknya juga di atas. Lagunya aja kan " . . . naik-naik ke puncak gunung . . .". Kami juga dipandu oleh kakak dari karang taruna sebagai pengelola tempat ekowisata tersebut. Jalannya panjang dan naik.

Saking terjalnya jalan, sehingga jalanpun harus merayap penuh hati-hati.  Hi hi mirip suster ngesot. Tapi emang gitu kok yang diminta oleh pemandu agar selamat.



Subhanalloh pemandangan dari atas. Meski baru di pos 2 yang seharusnya sampe puncak saemuanya 5 pos. Kalo mau sampe pos 5 memang butuh waktu yang lama. Mungkin lain kali aja. Liat di belakang tampak menara-menara transmisi TV Stawsta untuk wilayah Jogja.

Eh, ternyata disini ada tempat yang rada-rada aneh. Lho? Habisnya kok banyak kembang gitu. O pasti deh itu untuk berbuat syirik. Lho kok bisa? Mungkin makam kali ato karya seni. Positif thinking lah ! Iya emang biasanya di tempat-tempat yang dianggap kuno dan jarang ada orang menempati langsung deh dicap keramat. Bisa untuk mencari permohonan. Nah loh bener kan berbuat syirik.

Ada juga di tempat ini lokasi untuk olahraga panjat tebing. Banyak sekali dinding batu besar yang menghampar di sekitar. Mungkin dahulu lahar letusan memenuhi tempat kemudian jadi dingin membentuk dinding besar.

Eh ini seperti bekas air terjun. Bekas aliran airnya membekas di bebatuan kuno. eksotik skali deh. Banyak hal yang kuno bisa diabadikan dan teramati disini. Membayangkan ribuan tahun yang lalu saat gunung purba ini masih aktif. Tentu banyak sekali Tyrex dan Tryceratop berkeliaran disini. Alhamdulillah, semakin banyak nih tabungan pengalaman.

Share

You may also like

Tidak ada komentar