Outing Tema Air

» » Outing Tema Air

Mengakhiri pembelajaran tema Air, kelas 3 mengadakan outing untuk memperdalam pengalaman. Dipilihlah 3 obyek yang akan menjelaskan lebih dalam dan banyak tentang air. Pertama, BMKG, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika unit 2 Jogja. Kedua, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja. Terakhir, Wisata kuliner dan outbound di Sego Wiwit.

Di BMKG kita semua dijelaskan tentang seluk beluk terjadinya cuaca dan pengaruhnya. Serta, berbagai bencana akibat aktivitas bumi diuraikan juga melalui animasi kartun.

Setelah itu, kami diajak keliling melihat alat-alat pencatat cuaca di Taman Cuaca. Ada alat untuk mengukur kecepatan angin, kelembapan udara, penampakan awan dan lain-lain.

Puas di BMKG, langsung meluncur ke Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja. Di sana sudah disambut oleh Bapak Prijo sebagai kepala unit. Beliau langsung menjelaskan tentang seluk beluk pemadaman Api. Api itu ternyata bisa menyala karena ada 3 unsur. Api sendiri, bahan bakar dan udara (oksigen). dengan menghilangkan salah satu unsur tersebut sebenarnya sudah cukup untuk memadamkan api. Diperkenalkan juga berbagai macam seragam Pemadam kebakaran. Termasuk pakaian tahan api.

Setelah diterangkan teorinya, kami langsung praktik di lapangan. Pertama latihan pemadaman menggunakan kain basah. Kain basah digunakan untuk menutup sumber api agar oksigen tidak kontak langsung dengan api. Kain dipegang oleh 4 anak. bersamaan ditutupkan dalam sumber api. Pastikan asap putih sudah keluar. Kemudian kain diangkat bebarengan.

Tanda api sudah padam akan keluar asap putih mengepul tebal. erarti kebakaran sudah berhasil dipadamkan.

Selanjutnya, teknik pemadaman api menggunakan semprotan air. dengan bantuan mobil pemadam, selang disalurkan. Setelah sumber api menyala, mulailah semprotan diluncurkan. Dalam waktu singkat api langsung padam.

Perjalanan berlanjut ke rumah makan Sego Wiwit. Letaknya di ringroad barat, pas persilangan antara selokan mataram dan sungai Bedog. Setelah sholat Dhuhur berjama'ah langsung santap bareng Nila goreng tepung pake cap cay. Anak-anak tak sabar untuk segera main di wahana permainan disitu. Sehingga selesai makan dalam waktu singkat.

Hanya dengan Rp. 10.000 bisa merasakan 4 macam permainan. Ada outbound, perahu kano, renang, kolam arus, trampolin, flying fox dan lain-lain.

Pokoknya lengkap banget deh pengalaman outing kali ini. Makin mantap setelah belajar tentang air.

Share

You may also like

Tidak ada komentar