Outing Tema Musyawarah

» » Outing Tema Musyawarah

Mengakhiri tema musyawarah, kelas 2 SDIT Alam menyelenggarakan outing ke beberapa obyek yang pas untuk lebih memperdalam tema pembelajaran. Yang pertama adalah tempat dimana paling sering dilakukan musyawarah. Yak, tepat kantor dewan. Dipilihlah kantor DPRD kabupaten Sleman, karena SDIT Alam masuk wilayah kabupaten Sleman. Keduanya, dipilih Sekolah Luar Biasa ato SLB tempat dididiknya siswa-siswa yang mempunyai kebutuhan khusus. Terakhir, sama dengan kelas 3, diakhiri wisata kuliner ke Sego Wiwit. Wah, rupanya Sego Wiwit sedang ngetren nih. Pasti deh ada bonus karena udah promosi nih he . .he . .he.

Anak-anak antusias sekali merasakan pengalaman jadi anggota dewan. Banyak pertanyaan dari anak-anak untuk mengobati keingintahuannya. Seperti, gimana sih supaya jadi anggota dewan tu? Pak Agus Rohmat yang kebetulan juga ayahnya mas Gigih kelas 6 menjawab, "Untuk jadi anggota dewan harus melalui pemilu". "Dipilih oleh rakyat, supaya rakyat mau milih harus kampanye". Kampanye tu ternyata sebagai cara untuk mengenalkan diri ke masyarakat. Tapi selama ini tahunya kampanye tu ya cuman ada banyak motor yang digembar-gembor. Trus banyak orang yang datang ke lapangan. O . . . gitu ya, wah jadi harus terkenal dong. Tentu.

Setelah sisw puas, acara ditutup dengan pamitan dan bersalaman dengan Bapak-bapak anggota dewan. Untuk kemudian dilanjutkan perjalanan ke SLB untuk mengunjungi sahabat-sahabat yang ditakdirkan Allah diberi kekurangan.

Siswa dilatih rasa empatinya. Merasakan betapa nikmat besar yang telah mereka terima, yang sangat berbeda dengan sahabat mereka di SLB. Dimana mereka harus menjalani kehidupan ini dengan penuh kekurangan.

Selain itu, tumbuh empati dalam diri mereka sehingga manusia yang cacat itu bukannya dijauhi karena jijik justru didekati dan dibantu. Jika melihat perilaku mereka, sungguh mereka mampu hidup mandiri tidak banyak dibantu. Cukup menumbuhkan rasa iri dengan keterbatasan mampu hidup mandiri.

Hari sudah siang, saatnya mengisi perut. Ternyata makan paling asyik tuh kalo pas laper banget. Semua makanan terlihat nikmat, gak percaya ? Coba deh. Apalagi makanannya bareng-bareng. Sedap banget deh.

Alhamdulillah, meski penuh bermain tetep aja belajar harus tetap dilakukan. Justru hasil belajar akan dahsyat saat otak nyaman. Tidak dipaksa, ditekan bahkan dimarahi. Gitu yah, ayo mana outing kelas yang lain. Outing memang Wowkee . . . .

Untuk lihat liputan oleh Koran Tempo klik disini

Share

You may also like

1 komentar

atun mengatakan...

Jadi pengen Outing ^_^...