Program Pesantren Ramadhan kali ini sangat padat. Meski hanya masuk selama 9 hari pembelajaran, semuanya sudah terjadwal penuh. Program pertama adalah refresh atawa penyegaran kembali aktivitas ibadah. Seperti sholat, wudhu,tilawah Qur'an, dzikir ma'tsurat. Kesemuanya dievaluasi lagi. Dilihat lagi apakah sudah benar dan baik ataukah masih ada yang melakukan dengan kurang sempurna. Program kedua adalah Olimpiade Ramadhan. Yaitu rangkaian lomba yang ditujukan sebagai media aktualisasi dan ekspresi seni siswa dan juga menggali potensi bakat siswa.

Pembukaan Olimpiade disuguhi dengan tampilnya kembali Pendekar Sholeh Melawan Setan. Kembali seluruh siswa berjubel ke depan dengan penuh penasaran, "Siapa sih yang jadi setan dan pangeran sholeh tu?". Di akhir teatrikal, dibacakan macam-macam lomba dan persyaratan untuk mengikutinya.

Hari pertama diisi dengan lomba membuat kartu lebaran. Untuk kelas atas (4-6) membuat kreasi sendiri, baik dari desain gambar dan pewarnaan. Untuk kelas bawah (1-3) mewarnai saja.

Di hari kedua, ada lomba membuat komik untuk kelas atas dan mewarnai gambar untuk kelas bawah. Untuk membuat komik dilakukan secara kelompok. Satu kelompok terdiri dari 3 anak. Sudah tentu, jago-jago komikus ngikut. Seperti Nadhif, Ogi, Faiz, Khozin dan lain-lain. Mereka bertarung untuk meraih daya tarik juri. Untuk lomba mewarnai beralngsung secara perorangan berlangsung di GOR. Mereka mewarnai gambar kartun Islam karya ustadzah Anna.

Hari ketiga ada lomba Baca Tartil Qur'an. Masih dengan kategori kelas atas dan bawah, semuanya langsung dibawah penjurian ustadz dan ustadzah qiroaty. Setiap peserta diminta maju dan mengambil undian surah pilihan yang harus dibaca secara Tartil di hadapan dewan juri.

Hari keempat, adalah lomba Busana Kontes Muslim-Muslimah dan Adzan. Betapa antusiasnya peserta lomba kontes busana muslim-muslimah. Terlihat beraneka ragamnya asesoris pakaian yang dikenakan. Perlombaan kontes ini tidak semata ajang 'pamer' saja. Karena juri sudah memberikan kriteria penilaian. Diantaranya, pakaian harus benar menutup aurat. Untuk muslimah, jilbab harus menutup dada serta pakaian yang dikenakan harus longgar. dengan lomba kontes ini bertujuan agar siswa lebih kreatif dalam menampilkan pakaian dengan tetap memperhatikan batas-batas syariat. Masih ada 3 hari lagi Olimpiade Ramadhan ini berlangsung, masih ada lomba Pildacil, Cerdas Cermat Ramadhan dan Karaoke Ramadhan. Insya Allah, hari Jum'at seluruh kejuaraan lomba akan diumumkan. Sekaligus pembagian hadiah. Seluruh rangkaian program Pesantren Ramadhan akan ditutup dengan acara Bakti Sosial, Buka Puasa Bersama dan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) pada hari Senin, 30 Agustus 2010.

1 komentar:

gembul mengatakan... 29 Agustus 2010 07.02

mana foto ku

 
Sekolah Alam Nurul Islam © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top