Random Post

ImTaS (Imtihan Akhir Santri) 2012

Siapa yang pernah denger apa itu Imtas ? Pasti deh yang ikut metode Qiroaty dalam melatih bacaan Qur'annya tahu bener tu Imtas. Kepanjangannya Imtihan Akhir Santri, artinya Ujian Akhir yang harus ditempuh oleh setiap santri Qiroaty agar dinyatakan lulus dan telah mampu tidak hanya membaca secara benar, namun paham aturan cara baca al-Qur'an.



Di dalam Imtas ini, setiap peserta yang sudah layak untuk ikut Imtas pertama harus mengikuti pra Imtas dulu sebelum Imtas sebenarnya. Nah, kalo sudah lulus di pra Imtas baru deh boleh ikut Imtas. Di Imtas yang diuji tidak semata kemampuan baca Qur'an semata, namun juga ikut dinilai adalah akhlaq peserta. Sehingga meski lihai dalam baca Qur'an tapi tidak serius bisa jadi tidak lulus. Setiap peserta Imtas akan diuji segi Fashohah-nya yaitu makhroj dan sifatul huruf, bagaimana pengucapan setiap huruf Qur'an itu seharusnya, Harokat dengan suara yang jelas, lalu Tartil yang menyangkut ahkamul huruf atau tajwid, membaca dengan teneng sesuai dengan kaedah tajwid sambil ditadaburi artinya. Kemudian tidak sebata s Qur'an saja yang diujikan, ditambah doa harian, bacaan sholat dan wudhu. Wuih lengkap deh.



Nah untuk tahun 2012 ini, SDIT Alam alhamdulillah bertambah peserta. Tahun sebelumnya yang lulus hanya 2 anak. Sekarang peserta Imtas ada 8 anak yang kesemuanya putri. Doakan ya temen-temen semoga semua lulus. Setelah dinyatakan lulus Imtas masih ada satu prosesi yang harus dilakukan yaitu Khataman Qur'an. Disini setiap peserta akan diuji secara publik. Beberapa undangan baik dari tokoh maupun orang tua diundang. Mereka dipersilahkan mengajukan soal yang harus dijawab dengan benar oleh peserta. Yah semacam uji desertasi lah. Bagi adik-adik kelas, ayo deh semangat lagi terutama yang laki-laki nih supaya Imtas tahun depan bisa bertambah banyak. Amiin.


Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

ardiani mengatakan...

Salut untuk sekolah alam nuris, lama ditinggalkan kemajuannya sudah luar biasa ya,sukses aja deh buat semuanya especially guru2nya