Mengenal Pekerjaan

» » » » » Mengenal Pekerjaan

Di sekitar kita, ayah-ibu kita, tetangga kita, mereka semua bekerja. Bekerja untuk mendapatkan hasil berupa uang. Ada banyak jenis pekerjaan. Ada yang diluar ruangan, ada yang di dalam ruangan. Ada yang harus berpindah tempat, ada yang diam di tempat saja. Ada yang menghasilkan uang banyak dan ada yang uang yang dihasilkan hanya pas-pasan saja. Untuk mengenal lebih dekat kita harus wawancara kepada mereka. Eh, ternyata di sekitar SDIT Alam banyak loh jenis pekerjaan yang dapat ditemukan.





Sebagai contoh, pak Surijo. Pak Surijo setiap harinya pergi ke sawah. Kalau tidak menyiangi tanaman, ya sekedar memeriksa air yang mengalir di sawahnya. Katanya, modal awal untuk menanam padi sebesar Rp. 75.000. Dipake untuk membeli bibit dan membajak tanah. Tambahnya lagi, untuk memanen harus menunggu selama tiga bulan, hasilnya dijual dengan harga per kwintalnya Rp. 250.000. Sewaktu ditanya bagaimana rasanya menjadi petani, Pak Surijo menjawab, "Ya, enak saja".



Lain ceritanya bu Waluyanti. Setiap hari ia harus mengolah susu mentah untuk dijadikan minuman susu siap minum. Untuk memuali usahanya, bu Waluyanti membutuhkan modal empat juta. Dengan penghasilan tiap bulannya sebesar satu juta. Wah cepet balik dong modalnya. . .



Beda lagi cerita mas Ajun. Mas Ajun seorang pekerja di pengolahan bahan bangunan berupa kapur. Kotor sekali bajunya mas Ajun. Meski berkotor-kotor, penghasilan tiap bulannya besar juga. Rp. 600.000, wah di atas Upah Minimum Regional dong. Sewaktu ditanya berapa modal awal yang dibutuhkan, mas Ajun menjawab sebesar dua juta.

Ada banyak lagi ternyata yang bisa ditemukan. Mas Aan si tukang kayu yang baru membuat atap di kelas 1 A dan B. Bu Walidi si tukang penjual jam. Bu Ngadinah baby sitter di SDIT Alam. Dan tentu ustadz dan ustadzah sebagai guru di SDIT Alam.

Share

You may also like

Tidak ada komentar