Trustfall Net (Jaring Jatuh-Percaya)

» » » » » » Trustfall Net (Jaring Jatuh-Percaya)

Untuk mengetahui teman kita itu percaya atau tidak sama kita terkadang sulit. Tidak bisa langsung dengan kata-kata. Baru terlihat manakala semua hal telah terjadi. Saat teman kita memaksa untuk menyimpan uang kas kelas dengan usaha kerasnya pasti ia akan melancarkan rayuannya supaya disetujuai seluruh teman sekelas. Baru ketahuan saat kemudian hari si teman tadi berusaha mencari banyak alasan agar tidak disalahkan karena menghilangkan uang kas kelas yang sejak awal teman-temannya mempercayakan padanya. Tapi, tidak usah khawatir. Dengan outbound 'penyakit' ketidakpercayaan itu bisa terlihat sebelum memang terjadi. Yaitu dengan trustfall net, artinya menjatuhkan diri di atas jaring yang dipegang beberapa orang.



Orang yang akan menjatuhkan diri harus terlipat kedua tangannya di dada dengan posisi lipat terbalik. dengan membelakangi jaring, orang itu menjatuhkan dirinya di atas hamparan jaring yang telah ditarik oleh beberapa orang. Tidak asal menjatuhkan. Harus menggunakan aba-aba. Pemegang jaring mengawali dengan "Siap Jatuh", Orang yang yang akan jatu menjawab " Siap", diteruskan dengan "Siap menangkap", pemegang jaring menjawab "Siap". setelah hitungan 1, 2, 3 baru menjatuhkan.



Dengan mengamati posisi orang yang jatuh akan bisa dilihat seberapa besar kepercayaan orang yang jatuh kepada orang pemegang jaring. Yang percaya penuh akan menjatuhkan diri dengan posisi tubuh lurus, jatuh pasrah. Bagi yang tidak percaya, posisi tubuh akan bengkok, lutunya akan dilipat, dan jatuhnya dengan meletakkan pantatnya dahulu. 'Lebih parah' lagi adalah yang rasa takutnya mengalahkan nyalinya. Ia hanya berdiri lama dengan penuh keraguan untuk menjatuhkan diri.



Alhamdulillah, bagi yang sudah bisa memberikan kepercayaan penuh kepada teman-temannya. Semoga yang masih takut lebih terpacu untuk mengalahkan rasa takutnya. Menghancurkan tembok takut yang mengungkung nyalinya. Bagi yang ingin tambah tantangan, teman-temannya juga melayaninya dengan tambahan ayunan ke atas jaring berulang-ulang.

Share

You may also like

Tidak ada komentar