The Nature of Mathematics

» » » » The Nature of Mathematics

Pelatihan Sabtu ini, para ustadz-ustadzah direfreshkan dengan pemahaman akan matematika. Yang hadir sebagai pematerinya, Dr. Rar. Net. M Farchani Rosyid (fisikawan UGM dan orang tua wali siswa SDIT Alam Nurul Islam). Ternyata, persepsi yang kurang tepat terhadap matematika akan melahirkan metode pengajaran matematika yang keliru. Selama ini yang dirasakan banyak kalangan, matematika adalah sebuah ilmu hitung. Semata. Siswa hanya menghafalkan cara mengerjakan sebuah soal matematika. Cara itupun berasal dari guru. Padahal jika dikembalikan dalam pemahaman awal tentang matematika, bahwa matematika merupakan sebuah konsep untuk memecahkan persoalan kehidupan. Artinya, matematika tidak boleh terlepas dengan urusan kehidupan nyata. Sehingga siswa merasa terbebani dengan matematika, padahal jika keingintahuan siswa dalam memecahkan masalah kehidupan dibangun, niscaya matematika akan menjadi sesuatu kebutuhan siswa. Untuk lengkapnya bisa klik slide berikut untuk mendownload. . .

the-nature-of-mathematics.ppt

Share

You may also like

1 komentar

Feri Adriyanto mengatakan...

Suatu terobosan yang bagus sekali oleh SDIT Alam Nurul Islam. Dr. Farchani mmg salah satu doktor muda yang belajar Fisika Matematika di Jerman. Saya yakin beliau dapat memberikan pencerahan baru ttg wacana dan konsepsi matematika sbg ilmu kehidupan maupun sbg sebuah sistem pengajaran/metodologi matematika.

Insya Allah melalui tangan2 dingin ustadz dan ustadazh di SDIT Alam Nurul Islam ini akan lahir intelektual-intelektual besar muslim di masa yang akan datang. Siapa tahu akan lahir Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi atau lebih dikenal dengan Al-Khawarizmi baru yang menguasai matematika, geografi, musik, dan sejarah selain astronomi.