Pencemaran Air

» » » » » Pencemaran Air

Belajar Air memang gak ada matinya. Termasuk hari ini, kelas 3 mempelajari tentang pencemaran air. Eh, ternyata air pun bisa tercemar. Trus, apa dong pencemarnya. Yach, siswa SDIT Alam sangat akrab. Habis sekolahnya dibelah ama kali Bedog sih. Segala aktivitas di sepanjang kali Bedog pasti tahu persis. Tentu penyumbang terbesar pencemar itu adalah manusia. Dari mulai aktivitas MCK, mandi-cuci-kakus, sampe buah sampah. Nah, kali ini temen-temen kelas 3 mau buktiin kalo deterjen itu dapat menyebabkan air tercemar. Ah, yang bener . . . Gak percaya deh. Mosok sih padahal kita kan tiap hari makai. Kemarin barusan kita praktek nyuci pake deterjen. Ustadz-ustadzah lagi yang nyuruh. Gimana ini mana yang bener. Eit, sabar dulu, jangan esmosi dulu dong. Mendingan es krim, dingin n seger. Begini, temen-temen kelas 3 mengadakan eksperimen menggunakan deterjen dan ikan mas. Kita akan selidiki, jika benar deterjen adalah pencemar maka ikan mas akan mati.

ikanmas012Hah, ikan masnya akan mati. Wah pembunuhan itu namanya. Bukan, bukankah untuk percobaan kita butuh makhluk hidup yang hidup di air untuk menunjukkan bahwa deterjen itu memang pencemar. Kan gak mungkin kalo kita pake Ikan gurame ato Koi. Terlalu mahal ! Semua peneliti juga akan menggunakan hewan percobaan untuk menguji hasil percobaannya. Makanya ada istilah kelinci percobaan.

ikanmas03Untuk mendapatkan bahan, setiap kelompok harus rapi. Tuh liat seriusnya mas Landung. Seperti abdi dalem Kraton yang siap menerima perintah sultan. Setiap kelompok mendapat satu ember, satu ekor ikan mas, satu bungkus deterjen serta satu lembar worksheet untuk laporan hasil percobaan. Setelah ember diisi air dan ikan mas, mulailah memasukkan deterjen dimulai dengan 1/2 sendok dulu.

ikanmas04Diaduk sampe larut, kemudian diamati. Bermacam tingkah ikan mas yang berhasil dicatat siswa. Ada yang loncat keluar, bingung, megap-megap, stress. Lima belas menit kemudian dimasukkan lagi 1/2 sendok deterjen. Ada ikan mas yang udah lemes, keluar darah dari bagian insangnya,  keluar lendir, diam terbalik. Bahkan ada yang udah mati tak bergerak, Innalillahi wa inna-ilaihi roji'un.

ikanmas05

Begitu ikan mas mati, kemudian dicatat berapa menit waktunya. Berapa sendok deterjen yang ditambahkan, terus deterjen merk apa yang digunakan. Begitu eksperimen selesai, sebagai wujud empati, temen-temen langsung mengubur jasad ikan mas.

ikanmas07

Ada kelompok karena saking kasihannya, ikan mas diperlakukan seperti manusia. Dibungkus kain kemudian dihadapkan kiblat.  Singkatnya, persis seperti menguburkan jasad manusia. ikanmas06 Wah, ternyata bener. Deterjen emang jadi pencemar air.  Reaksinya kayak gini nih : (C17H33COO)3C3H5 (gliseril stearat) + 3NaOH
jadi 3C17H35COONa(narium stearat) +C3H5(OH)3(gliserin).  Nah, pusing kan, lha iya lha wong ini pelajarannya anak SMA. Tapi gak salah kalo kamu mau tahu lebih jauh klik aja di sini tentang Pencemaran Deterjen, bahkan dengan cara pengolahan supaya deterjen bisa hilang tidak mencemari air lagi. Selamat Belajar . . . . .

Share

You may also like

5 komentar

hann mengatakan...

Hha... Polos2 banget yah mereka... Jadi gemesss nii...^^

O.. Yy.. Kebetulan ak jg lg nyari bahaya detergen bagi kehidupan di air looo

^^

Tika mengatakan...

hehe...
lucu-lucu y ank SD, jd ingat zman SD...

huhu~~

hany-zoe mengatakan...

asyik n seru.....sy jg suka percobaan sains..tapi suka gk tega liat ikannyaklo aktifis greepeace dh koar-koar.."NO ANIMAL TESTING"....SEYEM DECH

anggie mengatakan...

baguss tuhh..sedari kecil bngsa indonesia emang musti udah di ajarin tentang ilmu kimiaa..biar nanti uda gedenya pada jadi professorr..hho

waterfilterindonesia mengatakan...

Sukses Terus untuk Blognya...

Oiya kami menyediakan waterfilter dari K-link yg sdh
banyak mendapat penghargaan dunia silakan mampir ke
website kami
http://waterfilterindonesia.wordpress.com

terimakasih Salam Sukses