Beternak Ikan

» » » » » Beternak Ikan

Untuk beternak di semester ini diarahkan ke beternak air. Yaitu melihara ikan. Setelah kegiatan berkebun cabe di semester ganjil kemarin. Dimanakah lahannya ? Tentu di pinggir sungai bedog dong. Tepatnya di lembah sungai bagian barat kampus timur. Kebetulan di sana dijumpai banyak mata air. Sehingga tinggal dibentuk benteng mengelilingi mata air, udah deh jadilah kolam.

kolam Setiap siswa berperan serta membangun kolam. Ya . . . mesti hanya dengan mengumpulkan bebatuan. Di sela saat outboud usai. Tapi coba liat, banyak juga kan saat batu dengan berbagai ukuran itu kumpul menggunung. Sambil menggambar angan terwujudnya kolam ikan yang diisi dengan berbagai warna-warni ikan. Yang dimakan maupun yang hias. Eh, ngomong-ngomong di lokasi ini juga kelak bakal dibuat kolam renang. Wah tambah asyik dong. Kolam renang deket sungai.

Nah untuk mengawali mengisi ikan, setiap siswa diberi kesempatan untuk melepas satu ikan yang akan menjadi piaraannya. Untuk mendapatkan seekor ikan, setiap anak harus mencari 2 ekor cacing hidup dulu.

cr_cacing01Setiap lahan yang lembab digali. Yang merasa jijik atau yang takut sama cacing mau gak mau harus melakukan. Ada yang saking semangatnya, cacing yang ditarik dari lobang putus. Yach harus cari lagi deh. Soalnya cacing putus gak diterima.

cr_cacing02Nah yangudah dapet cacingnya langsung setor ke ustadz. Dituker dengan satu ekor ikan Nila oranye. Eit, tapi tunggu dulu, setiap anak masih harus nyari tempatnya sendiri-sendiri. Boleh gabung deh.

cr_cacing03Dengan penuh hati-hati, ikan dibawa menuju  kolam pinggir sungai. Dipastikan ikan tidak lemes kehabisan oksigen. Meski sudah jadi kebiasaan jika dipindahkan, ikan akan mengalami stress dulu. Takut disembelih kali.

cr_cacing04Bismillahirrohmanirrohiim, bareng-bareng ikan-ikan dilepas. "Ahh . . . lega menemukan dunia baru" begitu terlihat di sorotan mata ikan. Disertai dengan tarian sirip dan ekor yang oranye itu.

cr_cacing05Tentu, sambil terus rutin merawat dengan memberi pakan, dan merawat kebersihan kolam dengan penuh harap 3 sampai 4 bulan bisa memanen ikan Nila untuk yang pertama. Bagi yang belum suka ikan, Ayo deh cobain dikit. Selain binatang yang bangkainya aja masih halal asal gak busuk lho, ikan mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi perkembangan otak kita. Jadi bisa buat cerdas, gitu. Ayo kita serukan, Ayo Makan Ikan . . . .

Share

You may also like

2 komentar

Neggy mengatakan...

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
Hehehehehe^^,, Asik yah kegiatannya, basah-basahan sambil belajar banyak^^.
Bagus buat anak-anak yang memang dunianya adalah dunia bermain dan memiliki daya eksploratif serta rasa 'curious' yang tinggi !
Sukses selalu untuk SDIT Alam Nurul Islam^^!!
Barakallooh fiik...

hendy mengatakan...

kunjungi segera website TKIT Nurul Islam : tkitnurulislam.wordpress.com