Random Post

Outing : Desa Wisata Sukunan - Gembira Loka Zoo

Mengakhiri pembelajaran tema Makhluk Hidup dan mengawali tema Lingkungan, kelas 3 melakukan kegiatan outing. Tujuannya ke desa wisata lingkungan Sukunan dan kebun binatang Gembira Loka.

 Sukunan merupakan desa yang sudah baik sekali dalam mengelola sampah. Masyarakatnya sudah sadar untuk memilah sampah. Sampah dipilah menjadi 3. Sampah plastik, sampah kertas dan sampah organik. Semua sampah tersebut didaur ulang. Untuk sampah plastik, seperti bekas bungkus snack, sabun dan lain-lain bisa didaur ulang menjadi aneka kerajinan tangan. Ada tas, dompet, dan lain-lain.

Ow, ternyata kerajinan tangannya bagus-bagus. Unik lagi. Ah jadi kepingin deh untuk niru. Jadi kalo ada bungkus plastik dari makanan atau sabun di rumah bisa loh disulap jadi barang cinderamata. Nah, untuk sampah yang terbuat dari kertas bisa didaur ulang kembali menjadi kertas. Ada beberapa langkah supaya sampah kertas menjadi kertas kembali.

Untuk sampah organik, yaitu sampah yang bisa busuk pun juga bisa didaur ulang. Cuman jadinya ya jadi pupuk untuk tanaman. Butuh waktu yang lama supaya sampah bernar-benar busuk dan cocok jadi pupuk.

Luar biasa ya, semua sampah bisa diolah lagi menjadi barang yang bermanfaat. Sepertinya, bisa deh kita wujudkan lingkungan kita bebas sampah. Jika selama ini sampah kesannya merupakan barang yang gak berguna, nyusahin, bahkan menjijikkan. Sekarang kita bisa ubah kesan itu bahwa ternyata sampah bisa menjadi barang yang punya banyak manfaat.

Setelah puas mengunjungi desa Sukunan, outing berlanjut ke kebun binatang Gembira Loka. Di sana anak-anak akan melihat dan mempelajari koleksi hewan baru yang menghuni Gembira Loka.

Koleksi terbaru dari Gembira Loka adalah taman Reptil. Semua jenis reptil, dari yang kecil sampe yang gede ada semua disini. Mereka dikandangkan dalam tempat yang transparan. Terbuat dari kaca. Sehingga terlihat menarik. Di setiap kandang juga diberi data informasi terkait dengan reptil tersebut.

Tidak hanya lihat saja, pengunjung juga bisa memegang langsung hewan reptil. Salah satunya kura-kura. Anak-anak yang berani langsung masuk kandang dan dengan pantauan petugas berinteraksi langsung dengan reptil tersebut.


Di Gembira Loka bisa juga disaksikan pertunjukan semacam sirkus binatang. Gratis. Lucu deh liatnya. Ada burung, monyet, beruang, berang-berang yang dilatih untuk melakukan atraksi tertentu.


Mana nih yang paling cakep, hihihihihi. Para pengunjung bisa loh berfoto ria dengan aktor sirkus. Bisa milih. Bisa difotoin sama petugasnya. Untuk yang mau dikenang sama aktor sirkus bisa coba deh.

Keliling Gembira Loka capek juga, gak kerasa perut udah keroncongan. Saatnya santap siang bersama di kebun binatang.

Share on Google Plus

About Sekolah Alam Jogja

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

asthosetyo mengatakan...

semoga pada pinter2 ni anak...

thary mengatakan...

cara bikinnya gimana